Puasa Sebentar Lagi, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Sahur

Senin 12-02-2024,15:22 WIB
Reporter : Nuraini Wildayati Kamilah
Editor : Haidaroh

BACA JUGA:5 Makanan Minuman Pemicu Diabetes Paling Bahaya

4. Makanan tinggi lemak 

Pantangan makanan saat sahur selanjutnya adalah makanan berlemak tinggi seperti daging olahan, gorengan, dan makanan bersantan. 

Secara alami, makanan berlemak tinggi ini membuat Anda merasa kenyang tetapi sangat sulit untuk dicerna, dan hanya merasa kenyang untuk waktu yang singkat. 

Untuk menghindari rasa lapar sepanjang hari, hindari makanan berlemak tinggi dan fokuslah pada makanan yang tinggi protein dan serat.

5. Makanan yang sulit dicerna

Banyak makanan seperti mie instan, keripik, burger, gorengan, susu, dan kacang-kacangan yang sebenarnya sulit dicerna oleh tubuh. 

Hal ini menyebabkan sakit perut dan rasa terbakar di dada dan tenggorokan. 

Cobalah untuk mengurangi makanan ini dalam sahur Anda dan pilihlah daging dan ikan tanpa lemak, produk susu rendah lemak dan makanan yang panggang untuk mempermudah sistem pencernaan.

6. Minuman berkarbonasi

Mengonsumsi minuman berkarbonasi memang menyegarkan. Namun, karena kandungan gula yang tinggi pada minuman ini, Anda akan segera merasa lapar kembali. 

Minuman bersoda juga tidak memuaskan dahaga, sebaliknya membuat rasa haus dan dehidrasi sepanjang puasa.

7. Kafein 

Kafein yang ditemukan dalam kopi dan teh bersifat diuretik, yang berarti menghilangkan air dari tubuh Anda, membuat Anda merasa lebih dehidrasi. 

Kafein juga meningkatkan sekresi asam lambung, sehingga harus dihindari selama saira. Kafein sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa, dan pilihlah teh rendah kafein seperti teh putih, hijau, matcha, atau kopi tanpa kafein.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama sahur di bulan Ramadhan.(*)

Kategori :