Kunyit Bisa Jadi Penawar Racun dan Menstabilkan Gula Darah? Simak Penjelasannya

Jumat 26-01-2024,13:25 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Kunyit atau curcu Longa merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan bagi tubuh manusia. 

Kunyit atau jenis rempah-rempah yang sering juga disebut sebagai kunir ini punya manfaat sebagai penawar racun dan dapat menstabilkan gula darah. 

Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa kandungan dalam kunyit dapat digunakan sebagai tindakan pertolongan pertama untuk mengatasi racun akibat gigitan ular. 

Penjelasannya, karena kunyit punya kandungan yang dapat menghambat aktivitas bisa akibat gigitan ular. Darah yang tercampur campur bisa ular dapat dihentikan penyebarannya menggunakan kunyit. 

BACA JUGA:Temukan Manfaat Luar Biasa dari Kunyit Putih untuk Kesehatan Tubuh

Selain mengatasi bisa ular, kunyit juga cocok untuk penderita diabetes. Disarankan untuk mengonsumsi kunyit secara teratur. Sebab, kandungan di dalam kunyit dapat mengendalikan gula darah agar menjadi stabil. Manfaat itu didapatkan karena kunyit mengandung kurkumin. 

Kandungan lain yang ada di dalam kunyit adalah sesmetoksikumin, resim, bisdesmetoksi, pati, karbohidrat, lemak protein, vitamin C, selulosa, antioksidan, zat pahit, kalsium. Kemudian zat besi, fosfor, hingga minyak atsiri. 

Dari kandungannya itu, kunyit ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan selain dapat menstabilkan gula darah. Berikut ini adalah manfaat dari mengonsumsi kunyit: 

1. Mengobati Radang

Kunyit dapat mengobati radang. Kandungan kunyit terdapat kurkumin yang merupakan antioksidanm. Manfaatnya adalah anti radang poten. Dalam satu biji kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan saat kurkumin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Zat kurkumin tadi dapat mengatasi virus atau bakteri. Dengan mengonsumsi kunyit maka secara langsung membunuh kuman yang dapat menjadi bibit penyakit.

BACA JUGA:Mau Jantung Anda Aman dari Serangan Musuh? Konsumsi Kunyit Sekarang Juga

3. Mengobati Metastasis Kanker

Kunyit juga dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati kanker. Ada beberapa jenis kunyit yang dapat mengobati metastasis kanker. Kegunaan kunyit putih ini dapat bermanfaat untuk kanker rahim, payudara dan usus besar. 

Kategori :