Cara Mengolah Kulit Buah Naga Jadi Sumber Antioksidan dan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Rabu 24-01-2024,10:15 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Kulit buah naga sebaiknya jangan dibuang. Ada cara mengolah kulit buah naga agar menjadi sumber antioksidan dan banyak bermanfaat untuk kesehatan. 

Pahami cara mengolah kulit buah naga yang mengandung antioksidan tersebut karena terdapat beberapa senyawa anthocyanin. Selain mengandung antioksidan, kulit buah naga ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kamu tak usah khawatir kesulitan, karena cara mengolah kulit buah naga ini sangat simpel. Dengan mengolahnya, kamu mendapatkan banyak manfaat diantaranya: 

1. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Mengonsumsi kulit buah naga ternyata dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut dikarenakan, kulit buah naga mengandung antosianin. Fungsinya adalah mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah atau dalam istilah medisnya adalah aterosklerosis. 

BACA JUGA:Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Rutin Mengonsumsi Buah Naga Ternyata Sangat Dianjurkan

2. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, manfaat lain dari mengonsumsi kulit buah naga adalah dapat mencegah kanker. 

Untuk diketahui kanker merupakan penyakit menjadi salah satu penyebab kematian dan masuk ke daftar sepuluh besar. Berdasarkan hasil riset para pakar, kandungan kulit buah naga terdapat fitoalbumin yang berkombinasi dengan vitamin C dan mineral lain.

Manfaat kandungan tersebut adalahd dapat mencegah segala jenis penyakit kanker. Diantaranya kanker darah, payudara, paru-paru, liver, dan lain-lain. 

3. Mendeteksi Zat Kimia Berbahaya

Kulit buah naga dapat mendeteksi zat kimia berbahaya seperti boraks dan formalin pada makanan. Boraks dan formalin diketahui dapat berdampak buruk pada manusia. Dampaknya adalah dapat menumbuhkan kanker, kerusakan otak bahkan tumor. 

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut perlu diperhatikan agar aman untuk dikonsumsi. Cara mengolah kulit buah naga menjadi asupan menyehatkan ternyata sangat mudah. 

BACA JUGA:Manfaat Buah Naga Selain Rasanya yang Enak Ternyata Bagus untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih kulit buah naga. Setelah bersih langkah kedua adalah memotong kulit buah naga menjadi beberapa bagian. 

Kategori :