Tips Menjadi Pendengar yang Baik, Agar Disenangi oleh Teman

Kamis 11-01-2024,01:00 WIB
Reporter : Konitatu Rahmah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Menjadi pendengar yang baik adalah keterampilan interpersonal yang tak ternilai yang berguna bagi orang-orang di sekitar Anda yang membutuhkan kesempatan untuk berbicara.

Menjadi pendengar yang baik memungkinkan orang lain untuk mengekspresikan perasaan mereka dan memberikan dukungan emosional yang mereka butuhkan.

Menjadi pendengar yang baik tidak hanya baik untuk orang lain, tetapi juga memperkaya diri Anda dengan memberikan pemahaman yang lebih dalam dan hubungan yang lebih dekat dengan orang-orang di sekitar Anda.

Menjadi pendengar yang baik adalah keterampilan interpersonal yang tak ternilai. Berikut ini adalah tips dan panduan terperinci tentang cara menjadi pendengar yang baik:

1. Berikan perhatian penuh Anda

Fokuslah sepenuhnya pada orang yang sedang berbicara dan jangan terganggu oleh ponsel atau benda-benda asing. Tunjukkan bahwa Anda sepenuhnya terlibat dalam percakapan dengan menggunakan bahasa tubuh, seperti menatap mata pembicara atau mengangguk.

2. Jangan menyela pembicara

Dengarkan cerita pembicara sampai selesai sebelum menjawab atau mengajukan pertanyaan. Hindari menyela pembicara sebelum waktunya.

3. Kontak mata

Kontak mata menunjukkan bahwa Anda serius mendengarkan dan menghargai pembicara. 

BACA JUGA:5 Tips Cara Berteman dan Mendapatkan Teman Baru

4. Jangan menyiapkan tanggapan sebelum pembicara selesai berbicara

Cobalah untuk tidak memikirkan jawaban Anda saat pembicara sedang berbicara. Hal ini akan menghormati proses komunikasi dan memungkinkan Anda untuk merespons dengan lebih baik.

5. Berlatihlah untuk berempati

Cobalah untuk memahami posisi dan perasaan pembicara. Tunjukkan empati dengan merespons perasaan yang diungkapkan oleh pembicara dengan tepat.

Kategori :