Ini Tempat Wisata Sejarah di Malang, Salah Satunya Peninggalan Kerajaan Singosari

Senin 27-11-2023,11:58 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Daerah Malang, Jawa Timur merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang menarik untuk di kunjungi. 

Di daerah tersebut terdapat beberapa candi peninggalan kerajaan dan cocok untuk dijadikan tempat edukasi. 

Dari beberapa candi yang ada di Malang, terdapat candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. 

Kerajaan Singosari atau Kerajaan Tumapel merupakan kerajaan Hindu-Buddha yang terpusat di Malang. Kerajaan yang disebut juga Singasari ini ada sejak tahun 1222 sampai dengan 1292. Kerajaan ini Didirikan oleh Sri Ranggah Rajasa atau yang familiar disebut dengan nama Ken Arok. 

Salah satu peninggalan Kerajaan Singosari ini terdapat sebuah candi. Candi ini terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang. 

Area Candi Singosari luasnya 200 meter x400 meter. Dahulu terdapat candi di area Candi Singosari, yakni Candi Cungkup atau Candi Menara. 

Candi ini menunjukkan bahwa Candi Singosari adalah candi yang tertinggi pada masanya, setidaknya dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya. Namun, sekarang di kompleks ini hanya Candi Singasari yang masih tersisa, sedangkan candi lainnya tidak diketahui bekasnya.

BACA JUGA:Objek Wisata Malang Ini Miliki Air Panas Alami yang Berasal dari Sebuah Candi

Selain Candi Singosari, terdapat wisata sejarah yang masih berkaitan dengan candi di Malang. Seperti, Candi Jago yang berada di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. 

Candi ini diyakini berasal dari Kerajaan Singhasari pada abad ke-13. Candi ini dibangun sebagai penghormatan bagi Raja ketiga Singhasari, Wisnuwardhana. Candi Jago sering sering disebut sebagai Jajaghu, yang artinya adalah 'keagungan'. 

Lalu ada Candi Badut. Candi ini terletak di kawasan Tidar, bagian barat kota Malang. Candi Badut ini diduga diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur. 

Kemudian, Candi Jawar. Letak candi ini berada di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading. Candi ini jadi salah satu tempat wisata menarik karena terdapat pemandangan pepohonan khas kawasan pegunungan.

Terakhir  Candi Sumberawan berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini berjarak sekitar enam kilo meter dari Candi Singosari. Bangunan bernilai sejarah ini hanya berbentuk sebuah stupa. 

Meski hanya berbentuk stupa, namun pemandangan di sekitar candi ini sangat menarik karena terletak di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya.

Artikel ini juga pernah dimuat di radarlampung.disway.id dengan jusul: Berjarak 10 Km dari Malang, 10 Fakta Candi Singosari yang Punya Pesona Arsitektur Kuno dan Penuh Sejarah (*)

Kategori :