Mujarab untuk Obati Hipertensi, Begini Cara Olah Buah Mengkudu Sebelum Dikonsumsi

Jumat 13-10-2023,21:45 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Siapa sangka buah mengkudu punya manfaat untuk mengobati hipertensi atau darah tinggi. Buah dengan nama latin morinda citrifolia tersebut dapat dikonsumsi sebagai obat herbal yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. 

Buah mengkudu obat tradisional masyarakat Indonesia yang dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi karena memiliki berbagai efek terapeutik seperti anti tumor, antirival, anti bakteri, anti jamur, efek peningkatan kekebalan tubuh dan dapat mencegah kolestrol. 

Buah mengkudu senyawa kimia bernama prexeronin. Senyawa kimia tersebut dapat menurunkan tekanan darah dengan cara bekerja pada vasoaktif endotel. Selain mengandung prexeronin, buah mengkudu berdasarkan hasil riset juga mengandung senyawa scopoletin yang memiliki efek vasodilator. 

Efek vasodilator tersebut dapat membesarkan atau melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat menurun. Efek pelebaran pembuluh darah tersebut dapat menurunkan beban jantung dalam memompa darah.

BACA JUGA:Cuci Bersih, Konsumsi Kulit Semangka Ternyata Ampuh untuk Turunkan Tekanan Darah dan Cegah Rambut Rontok

Kandungan lainnnya yang ada dalam buah mengkudu adalah zat aktif bernama xeronine. Zat aktif tersebut dapat memberikan dampak diuretik atau menaikkan output urin. Xeronine ini yang dapat menurunkan tekanan darah dengan mekanisme menurunkan volume cairan tubuh. 

Namun sebelum mendapatkan manfaat dari buah mengkudu yang tentunya sudah matang tersebut, kamu perlu mengolahnya agar enak dikonsumsi. Olahan dari buah mengkudu kebanyakan dibuat menjadi berbagai minuman seperti jus. Agar ada rasa manisnya, kamu dapat menambahkan madu atau gula secukupnya. 

Selain dibuat jus, buah mengkudu juga dapat dikonsumsi langsung tentunya dalam bentuk jamu mengkudu. Jika kamu tahan bau dan tekstur, kamu dapat langsung mengonsumsinya. 

Selain kedua cara itu, buah mengkudu juga dapat di olah menjadi teh dengan menambahkan teh hitam dan vitamin C yang dapat dijadikan salah satu minuman sehat. 

Jika kamu masih bingung mengolah buah mengkudu, berikut ini adalah cara membuat jusnya. Pertama tentu sediakan satu buah mengkudu dengan berat sekitar 100 gram atau lebih.

Lalu kupas dan ambil daging buahnya. Setelah diambil dagingnya, kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Langkah selanjutnya, tambahkan air yang sudah matang dan   ditambahkan madu 20 ml. Lalu, haluskan menggunakan blender. Setelah menjadi jus, kamu dapat mengonsumsinya dua kali sehari untuk ukuran 200 ml . 

Artikel tersebut telah ditayangkan https://yankes.kemkes.go.id dengan judul: Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Sebagai Anti Hipertensi

Kategori :