KUR BRI 2023 Syarat Mudah Tanpa Agunan, Pinjam Rp10 Juta sampai Rp100 Juta Cepat Cair

Senin 02-10-2023,13:19 WIB
Reporter : Purnama Irawan
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - PT Bank BRI menjadi salah satu bank menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2023 kepada masyarakat di seluruh Indonesia. KUR BRI 2023 merupakan salah satu program pemerintah untuk memperkuat permodalan usaha, pengembangan serta meningkatkan pembiayaan UMKM dengan suku murah.

Adapun KUR BRI 2023 ini, menyalurkan pinjaman dengan plafond Rp10 juta sampai Rp100 juta tanpa anggunan atau jaminan.

Bagi calon debitur mau mengajukan pinjaman KUR BRI 2023 maka persyaratannya sangat mudah. Proses cepat dan mudah hanya cukup ajukan secara online sesuai kebutuhan usaha yang dijalankan.

Persyaratan mengambil KUR BRI 2023 tanpa agunan cukup dengan menyertakan dokumen KTP, izin usaha dan NPWP.

Mudahnya persyaratan karena KUR BRI diperuntukkan untuk calon nasabah yang memiliki usaha produktif dan layak serta belum pernah menerima kredit atau pembiayaan investasi atau modal kerja komersial.

Selain mudah, suku bunga pinjaman KUR BRI 2023 juga sangat rendah. Suku bunga per tahun hanya sebesar 6 persen.

Suku bunga sebesar 6 persen berlaku bagi debitur yang baru pertama kali atau mengajukan pinjaman ke-1 atau pertama kali. Suku bunga sebesar 6 persen ini berlaku untuk KUR BRI Mikro dan KUR Kecil dengan plafon pinjaman Rp50 juta sampai Rp500 juta.

BACA JUGA:Simulasi KUR BRI 2023 Oktober, Cek Pinjaman Plafon 25 dan 50 Juta

Sedangkan bagi debitur mengajukan KUR BRI yang kedua kalinya atau pinjaman ke-2, sebesar 7 persen yang efektif per tahun. Selanjutnya pinjaman yang ke-tiga atau setelah melakukan pelunasan pinjaman ke-2 maka debitur akan dikenakan bunga sebesar 8 persen efektif per tahun.

Pada pinjaman ke-4 suku bunga pinjaman KUR menjadi sebesar 9 persen.

Menurut Manager Bisnis Mikro Kantor Cabang BRI Pandeglang Darmansyah, suku bunga mengalami kenaikan saat pinjaman kedua KUR BRI.

"Adanya kenaikan itu karena menilai secara ekonomi bahwa nasabah atau debitur sudah mengalami peningkatan usaha. Jadi tahap pertama atau pinjaman ke-1 suku bunga sebesar 6 persen dan pada pinjaman ke-2 menjadi 7 persen per tahun," katanya.

Kenaikan suku bunga tersebut sudah menjadi peraturan karena memang pada prinsipnya pinjaman KUR BRI untuk membantu memajukan usaha nasabah terutama para pelaku UMKM.

"Untuk pinjaman sampai dengan Rp100 juta tidak diperlukan adanya agunan tambahan. Namun untuk pinjaman di atas Rp100 juta agunan tambahan sesuai dengan penilaian bank," katanya.

Jadi mengajukan pinjaman KUR BRI memberikan, memberikan banyak keuntungan. Selain proses cepat, persyaratannya juga mudah dan suku bunga rendah.

Kategori :