Belum Punya Usaha Tapi Pengin Pinjam KUR BRI 2023, Emang Bisa?

Rabu 20-09-2023,08:53 WIB
Reporter : Haidaroh
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Pinjaman KUR BRI 2023 hadir sebagai solusi atas permasalahan modal bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Namun bagaimana jadinya jika seseorang yang belum punya usaha, tapi ingin mengajukan KUR, apakah bisa?

Diketahui, program pinjaman KUR BRI 2023 ini diperuntukan bagi pelaku UMKM dan tenaga kerja Indonesia yang hendak berangkat ke luar negeri. Tujuan utamanya ialah membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

Slah satu buktinya ialah, dibandingkan dengan pinjaman konvensional lainnya, program KUR BRI 2023 ini menyediakan pinjaman dengan cicilan ringan dan bunga yang rendah. Tentu hal ini bisa menjadi pertimbangan besar bagi masyarakat yang hendak mengajukan pinjaman.

Daripada harus meminjam ke bank keliling, atau ke lembaga peminjaman uang yang tak jelas seperti pinjol ilegal, yang sudah memakan banyak korban yang stres karena bunga yang tinggi, lebih baik memanfaatkan program KUR yang sudah jelas-jelas didukung oleh pemerintah.

Nah buat kamu generasi milenial yang baru lulus kuliah tapi malas kerja dan ingin jadi pengusaha, tapi tidak ada modal dan berniat ingin mengajukan pinjaman KUR, bisa banget nih dengan mengajukan pinjaman KUR BRI Super Mikro.

BACA JUGA:Pinjam KUR BRI 2023 Lebih dari Satu Kali dengan Limit Rp500 Juta, Apakah Bisa? Yuk Simak Caranya

Program KUR BRI Super Mikro ini khusus untuk calon debitur yang baru pertama kali mengajukan KUR dan belum memiliki usaha. Nah, buat kamu yang pengen buka usaha, program ini cocok banget untuk dimanfaatkan.

Karena, KUR BRI Super Mikro ini memang diperuntukan bagi calon debitur yang belum memiliki usaha yang sudah berjalan atau memiliki usaha tapi belum genap enam bulan. Limit pinjamannya maksimal kredit Rp10 Juta dan tanpa agunan apapun.

INFORADAR.ID merangkut beberapa kriteria dari program KUR BRI Super Mikro yang bisa dimanfaatkan calon debitur yang belum pernah mengajukan KUR. Program ini juga bisa untuk nasabah yang belum pernah menerima kredit atau pembiayaan investasi serta modal kerja komersil.

Namun patut diketahui, program ini tidak bisa diajukan bagi nasabah yang tujuannya untuk keperluan rumah tangga, kredit skema, ultramikro atau sejenisnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para calon debitur yang hendak mengajukan KUR BRI Super Mikro.

1. Memiliki usaha produktif atau proposal rencana usaha

2. Jika sudah memiliki usaha, waktu berjalannya usaha minimal sudah enam bulan

3. Peminjam harus bersedia mengikuti pendampingan

4. Wajib dan mau ikut program pelatihan usaha

5. Tergabung dalam kelompok usaha yang resmi oleh dinas terkait

Kategori :