Cicilan KUR BRI 2023 Macet? Ini Solusinya, Dijamin Bisa Pinjam Lagi

Sabtu 16-09-2023,08:00 WIB
Reporter : Nuraini Wildayati Kamilah
Editor : Haidaroh

BACA JUGA : 4 Jenis Usaha Tak Layak Mendapatkan Pinjaman KUR BRI 2023

Untuk memastikan bahwa kemampuan setoran debitur menurun tapi masih bisa mengangsur dengan jumlah angsuran kecil dari sebelumnya dan akan dibuktikan dengan foto dan lembar hasil kunjungan Mantri.

5. Debitur datang kembali ke kantor BRI untuk melakukan akad restrukturisasi

6. Debitur wajib melakukan penyetoran sesuai dengan jumlah dan jangka waktu yang sudah disepakati sampai dengan lunas.

7. Jika pada 3 bulan pertama debitur tidak dapat memenuhi setoran yang sudah disepakati maka perjanjian restruk akan gugur.

Hal ini berimbas kembali ke perjanjian awal dengan kolektabilitas menyesuaikan jumlah tagihan. Untuk itu Anda perlu hati-hati saat menentukan jangka waktu setoran.

  • Penting untuk teman-teman mengatahui jangka waktru kredit atau restrukturisasi KUR BRI 2023 diantaranya.

1. Restrukturisasi hanya bisa dilakukan selama dua klai baik itu restrukturisasi perpanjangan jangka waktu dan restruk Covid-19.

Jadi jika Anda sebelumnya pernah mengajukan restruk Covid-19 akan dihitung sebagai yang kedua.

2. Restrukturisasi KUR BRI 2023 ke 3 bisa dilakukan dengan syarat harus ada setoran minimal 1 kali angsuran yang sesuai dengan nominal setoran restruk kedua.

BACA JUGA : 4 Usaha Favorit Bank, Dijamin Bisa Lolos KUR BRI 2023

  • Maksimal Perpanjangan Jangka Waktu Restruk KUR BRI 2023 

Ini merupakan poin penting yang harus Anda ketahui jika ingin mengajukan perpanjangan wkatu kredit untuk menurunkan jumlah angsuran.

1. Kredit KUR Modal kerja, maksimal jangka waktu restruk ada 48 bulan(4 tahun) sejak akad realisasi awal KUR.

2. Kredit KUR Investasi, jangka waktu restrukturisasinya adalah 84 bulan (7 bulan) sejak akad realisasi awal KUR, bukan dihitung dari akad restruk KUR.

3. Kewajiban bunga pada saat bulan yang bersangkutan bisa dibayar semua atau dicicil sesuai jangka waktu restruk yang ditentukan

Namun, bagaimana jika restrukturisasi Anda sudah habis? Maka, penyelesaiannya adalah dengan cara menjual aset agar setoran tetap lancar.

Karena hal ini akan mempengaruhi pinjaman KUR BRI di daerah tersebut dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah serta menghambat dalam pemenuhan kebutuhan baik usaha atau komsumtif.(*)

Kategori :