Pj Gubernur Banten Al Muktabar Menemukan Anak ASN Daftar PPDB SMA Negeri Melalui Jalur Siswa Kurang Mampu

Senin 19-06-2023,17:18 WIB
Reporter : Rostina
Editor : Aas Arbi

SERANG, INFORADAR.ID - Pj Gubernur Banten Al Muktabar menemukan data anak ASN yang mendaftar PPDB SMA negeri melalui jalur afirmasi atau jalur siswa dari keluarga kurang mampu.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menemukan data tersebut pada Senin, 19 Juni 2023, saat memantau pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA negeri di SMAN 2 Kota Serang.

Anak dari pasangan PNS yang mendaftar ke SMAN 2 Kota Serang melalui jalur afirmasi diketahui dari data kartu keluarga yang dimasukkan ke dalam sistem PPDB.

Mala Leviana, Kepala SMAN 2 Kota Serang, mengakui bahwa beberapa tahun lalu ada calon siswa yang mendaftar melalui jalur afirmasi, namun berangkat ke sekolah menggunakan mobil SUV.

"Ada yang mendaftar jalur afirmasi tapi naik mobil ke sekolah," kata Mala, Senin, 19 Juni 2023.

Ia mengaku wajib melakukan pengecekan fakta sebelum menerima pendaftar masuk. Khususnya untuk jalur prestasi non akademik.

Selain menyertakan dokumen penghargaan, calon juga harus menunjukkan kompetensinya secara langsung dan menunjukkan dokumennya pada saat memberikan penghargaan.

Pihak SMAN 2 Kota Serang mengakui bahwa verifikasi dan tes langsung  terhadap pendaftar jalur prestasi non akademik menghasilkan sejumlah peserta yang pada akhirnya memilih cedera diri.

Ia menyatakan bahwa pengujian ini sengaja dilakukan untuk menghindari adanya sertifikat atau penghargaan palsu.

Tabrani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, meminta panitia PPDB sekolah untuk lebih cermat dan teliti dalam melakukan pengecekan.

Tabrani mengatakan hal itu setelah Plt Gubernur Banten Al Muktabar mempertemukan proses PPDB SMAN 2 Kota Serang untuk tahun ajaran 2023/2024, menemukan ada anak ASN yang mendaftar di SMAN 2 Kota Serang melalui jalur afirmasi.

Tabrani mengatakan bahwa hal itu harus menjadi perhatian bagi tim verifikasi untuk melihat data dengan lebih teliti.

Ia juga menyatakan, pelaksanaan PPDB tahun ini, khususnya jalur afirmasi, memberikan kesempatan kepada siswa yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan. (*)

Kategori :