Persiapkan Operasi Ketupat untuk Matangkan Arus Mudik Lebaran 2023, Korlantas Soroti Dua Jalur Mudik

Minggu 19-03-2023,06:35 WIB
Editor : M Widodo

 

Jenderal polisi bintang dua ini menambahkan, ada beberapa catatan terkait kesiapan jalur yang akan dilewati pemudik, khususnya perjalanan ke arah timur dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

 

Kemudian, Kakorlantas juga menyoroti terkait kesiapan jalur menuju arah barat, mulai dari Banten hingga jalur penyeberangan ke Pulau Sumatera. Khususnya, kesiapan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

 

Lalu, Kakorlantas juga menyampaikan terkait kesiapan jalur menuju arah barat mulai dari Banten hingga lajur penyeberangan ke Pulau Sumatera. Firman menyoroti kesiapan dua pelabuhan yakni Ciwandan dan Merak.

 

Pelabuhan Merak yang menjadi pintu gerbang utama lintas penyeberangan Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya, setiap arus mudik maupun balik selalu terjadi masalah antrian yang berlangsung berjam-jam. 

 

Menurut catatan redaksi, Tahun 2022 lalu, antrian kendaraan yang sudah menunggu di area parkir pelabuhan hingga masuk ke kapal, ada yang mencapai 6 hingga 8 jam. 

 

Akibat, lama mengantri terjadi beberapa kali adu mulut antara pemudik dan petugas pelabuhan. Tak lama, kemudian, Kementerian Perhubungan membuka Pelabuhan Ciwandan sebagai pelabuhan alternatif untuk penyeberangan ke Bakauheni. 

 

Editor: M Widodo

 

Kategori :