Mau Ajukan KUR BRI 2023, tapi Takut Tidak Bisa Bayar Angsuran? Simak Dulu Penjelasan Ini

Rabu 18-01-2023,11:49 WIB
Reporter : Merwanda Yuli Yusandi
Editor : Merwanda Yuli Yusandi

INFORADAR.ID - Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini disalurkan melalui lembaga perbankan dengan bentuk pinjaman. Hingga 2018, ada 41 Penyalur, 11 Perusahaan Penjamin, 14 Pemerintah yang terlibat dalam KUR. 

Di antara lembaga perbankan yang memiliki program pinjaman KUR, BRI adalah salah satu pilihan terbaik untuk tahun 2023. Kenapa? selain syarat yang relatif mudah juga angsuran menjadi lebih ringan dengan suku bungan lebih rendah. 

Tetapi, masih banyak pelaku UMKM yang masih khawatir mengenai suku bunga dan lamanya masa angsuran atau tenor untuk KUR. Hal tersebut tentu karena sebelum melakukan pengajuan kredit, mereka bisa mendapatkan gambaran angsuran setiap bulannya. Dengan begitu penyesuaian kemampuan finansial pun bisa dilakukan. 

KUR BRI memudahkan calon debitur dengan adanya simulasi brosur tabel angsuran KUR BRI. Sehingga mereka dapat menentukan jenis KUR mana yang sesuai kebutuhan. 

Untuk diketahui, suku bunga KUR Mikro besarnya enam persen efektif per tahun. Atau bila kita ambil per bulan, besaran suku bunga KUR BRI hanya 0.5 persen per bulan. Tidak bisa dipungkiri, KUR BRI menjadi pilihan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan modal kerja, investasi atau kebutuhan konsumtif lainnya.

 

Pinjaman KUR Ritel BRI sebagai Kredit Modal Kerja dan Investasi khusus bagi pemilik usaha produktif dan layak. Sedangkan tenor KUR BRI tersedia paling lama 3 tahun sebagai modal kerja dan maksimum 5 tahun sebagai kredit investasi. Jenis KUR Ritel BRI 2023 atau Kecil dengan plafon maksimum Rp 500 juta tiap debitur. Jangka waktu KUR Ritel maksimum 4 tahun sebagai Kredit Modal Kerja dan bahkan maksimum tenornya bisa sampai 5 tahun sebagai Kredit Investasi

Berikut adalah tabel tenor maksimal bisa di pilih setiap debitur ketika ingin mengajukan pinjaman KUR di BRI.

 

Jenis Produk Tenor Maksimal

KUR Mikro BRI Kredit Modal Kerja (KMK) 36 bulan

Kredit Investasi (KI) 60 bulan

KUR Kecil BRI Kredit Modal Kerja (KMK) 48 bulan

Kredit Investasi (KI) 60 bulan

KUR Sper Mikro 12 – 36 bulan

Kategori :