Banjir di Pulomerak akibat Saluran Tertutup Sampah, Camat: Sekarang Sudah Surut

Selasa 17-01-2023,12:05 WIB
Reporter : Bayu Mulyana
Editor : M Widodo

MERAK, INFORADAR.ID --- Selasa, 17 Januari 2023 hari ini sejumlah titik di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon terendam banjir. 

Yakni, di Jalan Raya Merak - Puloampel di Kelurahan Suralaya, tepatnya di seputaran proyek PLTU Suralaya, PLTU 9 - 10 dan di sekitar Markas Ditpolairud, Polda Banten. 

Camat Pulomerak Mansur Masnun menjelaskan, banjir disebabkan karena saluran air yang mengalirkan air hujan ke laut tertutup sampah. Kata dia, sekarang banjir sudah surut. 

"Karena jalan air yang menuju ke laut tersumbat sampah setelah dibersihkan cepat surut," ujar Mansur, Selasa 17 Januari 2023.

Dikatakan Mansur, titik yang terendam banjir adalah dataran rendah, setelah sampah yang menyumbat saluran air dibersihkan, banjir langsung surut.

Menurutnya, banjir terjadi kurang lebih selama dua jam. Saat ini lokasi yang sebelumnya terendam banjir sudah kembali normal.

Begitu juga yang terjadi di Kelurahan Taman Sari, menurutnya, banjir yang terjadi hanya bersifat lewat, sehingga cepat surut.

 

Hujan yang mengguyur kawasan Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Selasa, 17 Januari 2023 subuh, menyebabkan beberapa lokasi terendam banjir. 

Kawasan yang terdampak banjir antara lain Jalan Raya Merak - Puloampel, sekitar Suralaya dan Salira. 

Kini, kawasan Tamansari, Pulomerak juga terendam banjir. 

Banjir menerjang Jalan Raya Suralaya, tepatnya di Markas Polairud Polda Banten, dan proyek PLTU 9-10 di Kelurahan Suralaya.

Selain Kelurahan Suralaya, banjir juga menerjang pemukiman di Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak.

Ketinggian banjir di lingkungan itu bervariasi, paling tinggi setinggi lutut pria dewasa.

"Informasi sementara di Suralaya dan Tamansari, personel dari BPBD sudah di lokasi," ujar Kepala Bidang Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban pada BPBD Kota Cilegon, Ana Maulana, Selasa 17 Januari 2023.

Kategori :