Jalur Rangkasbitung-Malingping Terancam Putus, Bahu Jalan di Blok Curahem Lebak Longsor

Selasa 03-01-2023,09:21 WIB
Reporter : Mastur
Editor : M Widodo

LEBAK, INFORADAR.ID --- Ini peringatan bagi pengendara yang bakal melintas di jalur Jalan Raya Rangkasbitung - Malingping. Tepatnya di Blok Curahem, Desa Sukanegara, Kecamatan Gunung Kencana terjadi longsor, Selasa, 3 Januari 2023 pagi tadi.

Dari video kiriman warga Lebakjaha, Malingping berdurasi 1 menit 3 detik, terlihat hujan mengguyur lokasi. Bahu jalan yang terdiri dari material tanah merah, terus menerus longsor tergerus oleh air hujan yang mengalir deras.

Sementara anggota Polsek Gunung Kencana yang dibantu warga mengatur arus lalu lintas truk. Terlihat beberapa truk melintas bergantian. 

Ruas jalan ini dari arah Rangkasbitung, sebelah kanan berupa tebing perbukitan, sementara sebelah kiri adalah jurang cukup dalam. 

Bila tak segera ditangani, dikhawatirkan longsor akan menggerus badan jalan dan dikhawatirkan bisa memutus jalur vital ini. 

Ya, hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkencana sejak Selasa (3/1) dini hari membuat Bahu Jalan Rangkasbitung-Malingping di Blok Curahem, Desa Sukanegara, longsor.

Untuk iru, anggota Polsek Gunungkencana bersama masyarakat bersiaga di lokasi mengatur lalu lintas.

Camat Gunungkencana Firman Arif membenarkan, bahu jalan kabupaten di Blok Curahem longsor pada pukul 8.00 WIB. Hingga sekarang, longsor masih terus terjadi dan berpotensi merusak konstruksi jalan beton yang ada di lokasi.

“Hujan deras masih mengguyur hingga sekarang. Kami khawatir, jalan beton akan terdampak, karena itu kita siagakan anggota polisi dan masyarakat di sana,” kata Firman, Selasa 3 Januari 2023.

Dijelaskan Firman, jika longsor terus menerus terjadi, kemungkinan besar jalan kabupaten yang menghubungkan wilayah Lebak selatan dan Lebak utara akan ditutup.

“Ini masih kita pantau. Tapi, kalau makin parah, kita akan tutup jalan di Blok Curahem, karena khawatir membahayakan para pengguna jalan,” ujarnya.

 

Reporter: Mastur

Editor: M Widodo

Kategori :