5 Gunung Terpendek di Dunia, Ada yang cuma 60 Sentimeter, lho?!

5 Gunung Terpendek di Dunia, Ada yang cuma 60 Sentimeter, lho?!

Hoge Blekker, Belgia-bartseyhoutem-instagram.com

INFORADAR.ID - Sejak zaman dahulu, gunung telah menjadi aktor utama dalam sejarah peradaban manusia, memberikan perlindungan, sumber air, dan menjadi elemen ikonik dalam lanskap dunia. Tapi bagaimana jika itu berada di gunung terpendek di dunia ini?

Walau banyak perhatian biasanya terarah pada puncak-puncak tertinggi, ada juga gunung terpendek yang menantang definisi kita tentang apa itu gunung.

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya yang membedakan gunung terpendek ini dari bukit?

Anehnya, tidak ada konsensus internasional yang baku mengenai hal ini. Lembaga seperti US Geological Survey dan Ordnance Survey Inggris telah membatalkan aturan lama mereka yang menetapkan gunung harus setinggi 305 meter.

Akibatnya, beberapa formasi geologis yang sangat pendek tetap dianggap sebagai gunung oleh sebagian orang, membuat kita memikirkan ulang tentang apa yang layak disebut gunung. 

Pada akhirnya, terserah pada Anda apakah daftar berikut ini adalah gunung asli atau hanya lelucon geologis.

Melansir laman Explanders, Inilah deretan gunung terpendek di dunia:

5. Gunung Wycheproof, Australia

Di Australia, yang mungkin Anda kenal karena Uluru, juga terdapat gunung terkecil yang terdaftar secara resmi di dunia, yaitu Gunung Wycheproof.

Terletak di Victoria, gunung ini hanya setinggi 43 meter (148 meter di atas permukaan laut), menjadikannya salah satu gunung terendah. Nama gunung dan kotanya berasal dari istilah Aborigin yang berarti bukit berumput.

4. Hoge Blekker, Belgia

Dikenal dengan datarannya yang rata, tidak mengherankan jika Belgia memiliki gunung mini seperti Hoge Blekker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: explander.com