10 Negara Paling Ramah Wisatawan, Indonesia Kok Gak Ada?

10 Negara Paling Ramah Wisatawan, Indonesia Kok Gak Ada?

Ilustrasi negara paling ramah wisatawan- Wei-Cheng Wu-unsplash.com

INFORADAR.ID - Travelling telah menjadi kegemaran banyak orang, terutama saat liburan tiba. Tak hanya ke destinasi dalam negeri, banyak masyarakat Indonesia juga memilih bepergian ke luar negeri.

Meskipun dikenal sebagai negara dengan penduduk yang ramah, Indonesia tidak termasuk dalam daftar negara paling ramah untuk wisatawan pada tahun 2024.

Remitly, sebuah lembaga keuangan digital di Amerika Serikat, mengumumkan hasil survei pada April 2024 mengenai negara-negara paling ramah untuk turis. Survei ini dilakukan kepada 3.000 responden dari 27 negara di seluruh dunia. Apakah Indonesia ada di dalamnya?

Penelitian ini menggunakan model ilmiah "big 5" yang meliputi lima faktor utama: keterbukaan, ketelitian, keramahan, ekstraversi, dan neurotisisme.

Namun, survei kali ini hanya fokus pada keramahan, yang dianggap sebagai indikator terbaik untuk menilai keharmonisan sosial suatu negara.

BACA JUGA:Menelusuri Air Terjun Spektakuler di Indonesia yang Menyihir Dunia

Responden ditanya tentang sejauh mana mereka peduli dengan orang lain, apakah mereka mau meluangkan waktu untuk orang lain, serta bagaimana mereka membuat orang lain merasa nyaman. Jawaban mereka diberikan berdasarkan skala lima tingkat: tidak setuju hingga sangat setuju.

Hasil survei menunjukkan bahwa semakin tinggi skor keramahan responden, semakin ramah negara mereka. Afrika Selatan meraih posisi pertama sebagai negara paling ramah untuk turis dengan skor 34,63 dari skala 40, diikuti Yunani (33,71) dan Kroasia (33,50).

Meksiko, Swedia, Australia, Kanada, Jerman, Estonia, dan Belgia juga masuk dalam 10 besar. Sementara itu, Spanyol, Republik Ceko, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat menempati peringkat di bawah 10 besar.

Selain itu, lebih dari separuh responden, tepatnya 57%, percaya bahwa negara mereka adalah yang paling ramah di dunia.

Afrika Selatan, yang berada di puncak daftar, menunjukkan rasa patriotisme tinggi, dengan 97% responden dari negara tersebut menganggap Afrika Selatan sebagai negara paling ramah.

Mengapa Indonesia Tidak Termasuk Daftar?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: remitly.com