Asal-usul Nama Indonesia, Berikut Catatan Sejarahnya

Asal-usul Nama Indonesia, Berikut Catatan Sejarahnya

Ilustrasi sejarah nama Indonesia --pixabay.com

INFOADAR.ID - Tahukah kamu, meskipun kita adalah warga negara Indonesia, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana sebenarnya asal-usul nama "Indonesia" muncul sebagai nama resmi negara kita.

Jika kita menyusuri lebih dalam, sejarah nama Indonesia ini dapat ditemukan dalam artikel berjudul Tentang Nama Indonesia" di buku "Mohammad Hatta: Politik, Kebangsaan, Ekonomi (1927-1977)".

Sejarah Nama Indonesia

Kisah ini dimulai ketika Indonesia masih berada di bawah kekuasaan Belanda, yang saat itu menyebut wilayah ini sebagai Nederlandsch-Indie atau Hindia-Belanda.

Namun, nama "Indonesia" baru pertama kali muncul pada tahun 1850, di sebuah majalah ilmiah tahunan yang terbit di Singapura, yaitu Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA).


Rafflesia Arnoldi hanya tumbuh di Taman Nasional Seblat Kerinci-Colin + Meg-pixabay.com

BACA JUGA:5 Negara Tempat Destinasi Liburan Termurah, Indonesia Jadi Salah Satunya? Temukan Jawabannya di Sini

Menariknya, nama ini ditemukan oleh dua orang Inggris: James Richardson Logan dan George Samuel Windsor Earl.

Saat itu, wilayah yang kita kenal sebagai Hindia sering kali membingungkan karena nama ini juga merujuk ke wilayah lain.


Potret Bendera Indonesia yang sedang berkibar indah.-pixabay/@mufidpwt-

BACA JUGA:5 Pantai Spektakuler di Indonesia yang Mungkin Anda Belum Pernah Dengar

Untuk mengatasi hal ini, Earl mengusulkan dua nama baru: Indunesia atau Malayunesia, dengan pilihannya jatuh pada Malayunesia. Namun, Logan lebih suka nama Indunesia, dan kemudian ia mengganti huruf “u” menjadi “o”, sehingga terciptalah nama yang kita kenal sekarang: Indonesia.

Nama ini kemudian semakin dikenal berkat etnolog Jerman, Adolf Bastian, yang memopulerkannya melalui buku-bukunya, Indonesien Oder Die Inseln Des Malayischen Archipels dan Die Völker des Ostl Asien pada tahun 1884.


Taman Nasional Komodo salah satu taman nasional terbaik di Indonesia-mataramweb-pixabay.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: