6 Taman Nasional Terbaik di Indonesia yang Diakui UNESCO

6 Taman Nasional Terbaik di Indonesia yang Diakui UNESCO

Taman Nasional Komodo salah satu taman nasional terbaik di Indonesia-mataramweb-pixabay.com

INFORADAR.ID - Indonesia dikenal sebagai destinasi ideal untuk penyegaran, berkat taman nasional yang menampilkan keindahan alam luar biasa dan melindungi keanekaragaman hayati.

Saat ini, Indonesia memiliki 50 taman nasional yang mengesankan, dan beberapa di antaranya telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mari kita jelajahi enam taman nasional terbaik di Indonesia yang dilansir dari Wonderful Indonesia ini.

BACA JUGA:5 Pantai Spektakuler di Indonesia yang Mungkin Anda Belum Pernah Dengar

Taman Nasional Terbaik di Indonesia

1. Taman Nasional Kerinci Seblat 

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah taman nasional terbesar di Sumatra yang meliputi empat provinsi: Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan. Ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2004, taman ini melindungi sekitar 4.000 spesies tanaman, termasuk Rafflesia Arnoldii dan Amorphophallus titanum yang terkenal.

2. Taman Nasional Gunung Leuser 

Taman Nasional Gunung Leuser, terletak di Aceh dan Sumatera Utara, juga diakui oleh UNESCO sejak 2004. Taman ini menawarkan pengalaman menjelajah dari pantai hingga pegunungan dengan hutan hujan tropis yang rimbun. Di Bukit Lawang dan Tangkahan, Anda dapat melihat orangutan semi-liar, melakukan trekking, atau tubing di sungai.

3. Taman Nasional Ujung Kulon 


Badak Jawa menjadi spesies yang terancam punah.-International Rhinos Foundation-rhino.org

Taman Nasional Ujung Kulon di Banten telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991. Taman ini merupakan habitat penting bagi badak Jawa yang terancam punah serta berbagai spesies lainnya seperti kera ekor panjang dan burung merak. Ujung Kulon meliputi berbagai jenis hutan yang mendukung keanekaragaman hayati yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wonderfulindonesia