Mending Sehat Mental tapi Gaji Kecil Atau Mental Berantakan tapi Gaji Besar?

Mending Sehat Mental tapi Gaji Kecil Atau Mental Berantakan tapi Gaji Besar?

Ilustrasi berfikir-Hasbi GenRB-

INFORADAR.ID- Di negara yang sangat besar dangan kesempatan pendidikan yang belum merata.

Hal demikian masih bisa diperdebatkan. Justru ketika kita tidak terima disebut SDM rendah, sebetulnya kita sedang menutup diri atas kelemahan kita sendiri.

Padahal kalau memang SDM kita sudah tinggi, kita tidak akan menemukan lagi orang yang digaji sangat murah untuk bekerja. Seperti di negara yang SDM-nya sudah tinggi. 

Jika hari ini kita masih berada di lingkaran demikian. Tekatkan pada diri untuk menempa diri lebih banyak belajar. Tekatkan pada diri untuk memberi kesempatan belajar pada keluarga kita, pada generasi kita, pada orang terdekat kita.

Agar kelak ia berada di level yang berbeda. Berada di level yang mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Jangan langsung tidak terima ketika membaca sebutan SDM rendah tapi ketika dibayar murah malah tidak protes.

BACA JUGA:Suka Camilan Manis, Tapi Nggak Tahu Harus Bikin Apa? Soes Kering Isian Coklat Aja, Mudah Dibuat!

BACA JUGA:Intip Biodata Sintya Marisca yang Sedang Ramai Dijodoh-Jodohkan dengan Abidzar

Kondisi lingkungan kerja dan besaran gaji sama-sama dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Keduanya dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas kerja.

Kualitas lingkungan kerja lebih memengaruhi kesehatan mental, dibandingkan dengan besaran gaji. Hal ini disampaikan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.

“Karena ketika lingkungan kerjanya toxic, baik rekan kerjanya atau atasannya, maka burnout (stres berat) di lingkungan kerjanya juga semakin besar ketimbang karena gaji,” papar Ikhsan.

Perlu diketahui, lingkungan kerja dikatakan toxic jika rekan kerja maupun atasan, membuat seseorang di dalam lingkungan tersebut merasa dikucilkan, disepelekan, diintimidasi, dan dilecehkan.

BACA JUGA:Segera Hadir Film Pantaskah Aku Berhijab, Dibintangi Bryan Domani dan Nadya Arina

BACA JUGA:Paling Bucin, 6 Zodiak Ini Punya Kisah Asmara Unik Tersendiri

Banyak orang yang terlalu mementingkan kesehatan fisik tetapi melupakan kesehatan mental. Tanpa disadari isi pikiran dapat menentukan pola hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: