Skill yang Harus Dipelajari Gen Z Agar Tidak Menjadi Pengangguran

Skill yang Harus Dipelajari Gen Z Agar Tidak Menjadi Pengangguran

Skill yang perlu di pelajari Gen Z-www.pexels.com/Andrea Piacquadio -

INFORADAR.ID - Generasi Z, yang saat ini mendominasi populasi muda di dunia, menghadapi tantangan unik dalam dunia kerja.

Di era digital dan perubahan cepat ini, keterampilan konvensional saja tidak cukup untuk memastikan kelangsungan karier.

Berikut adalah beberapa keterampilan penting yang perlu dipelajari oleh Gen Z agar tidak menjadi pengangguran.

Pada bulan Februari 2024 Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,2 juta orang, dari sebelumnya pada Februari 2023 yang mencapai 7,99 juta orang.

Jumlah pengangguran Indonesia pada Februari lalu menjadi yang terendah sejak era reformasi atau 1997, sebesar 4,69 juta.

Walaupun demikian, angka tersebut masih terbilang cukup tinggi karena itulah Generasi Z dituntut untuk mempelajari sesuatu hal yang baru. 

BACA JUGA:Waspada Cuaca Panas di Indonesia Rentan Sakit, Ini Pencegahannya

BACA JUGA:Ini 7 Jenis Kopi yang Umum Ada di Coffee Shop, Harus Tahu Biar Gak Asal Pesan

Inilah beberapa keterampilan yang akan membantu Gen Z untuk mempermudah dalam mencari pekerjaan dan menghindari pengangguran :

1. Keterampilan Digital dan Teknologi

Era industri 4.0 menuntut generasi muda untuk memiliki keterampilan digital yang solid. Dari coding, analitik data, hingga desain grafis dan pemasaran digital, keterampilan teknologi menjadi kebutuhan dasar di hampir semua bidang pekerjaan.

Gen Z harus belajar dan terus mengasah keterampilan teknologi untuk tetap relevan di pasar kerja.

2. Komunikasi Efektif dan Kemampuan Berkolaborasi

Meski teknologi sangat penting, kemampuan komunikasi dan kolaborasi tidak kalah krusial. Gen Z perlu menguasai cara berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, dan mampu bekerja dalam tim lintas budaya serta disiplin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: