4 Program MBKM yang Wajib Diikuti Mahasiswa

4 Program MBKM yang Wajib Diikuti Mahasiswa

Logo kampus merdeka-Pinterest/Brillyando-

INFORADAR.ID - Menjadi mahasiswa merupakan sebuah privilege. Dengan menjadi mahasiswa, kita bisa mengikuti program-program bergengsi yang diselenggarakan okeh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek).

Seperti Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang amat digemari oleh banyak mahasiswa. MBKM merupakan sebuah inovasi yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek dan merupakan kebijakan yang bertujuan untuk mengubah sistem pendidikan tinggi di Indonesia dengan tujuan menghasilkan lulusan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tidak heran program MBKM ini salah satu program unggulan dari Kemendikbudristek, yang berisi banyak program dan bisa diikuti oleh mahasiswa.

Manfaat mengikuti program MBKM juga banyak sekali, selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja profesional, mahasiswa juga setidaknya menerima tiga manfaat besar, yaitu Mendapat pengakuan kredit atau konversi program atau SKS,  Dana hidup bulanam dan khusus untuk Sertifikat mahasiswa magang yangterdaftar pada Mitra Industri yang mengajukan pendanaan.

BACA JUGA:Cara Cek Keaslian E-Meterai, Pelamar CPNS Harus Tahu Nih

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tas Gunung Terbaik untuk Pendaki, yang Hobi Naik Gunung Merapat

untuk itu, berikut 4 program MBKM paling bergengsi yang wajib diikuti

1. Magang Merdeka

Program Magang merdeka yaitu kegiatan mahasiswa bekerja di perusahaan/organisasi mitra sebagai trainee selama periode waktu terbatas. Salah satu program yang banyak diikuti oleh mahasiswa, bagaimana tidak biasanya mahasiswa hanya mendapatkan pengalaman kerja, sertifikat dan ilmu kali ini mahasiswa magang juga mendapatkan bayaran yang sesuai dan terbilang cukup besar.

Mahasiswa juga tentunya mendapatkan sertifikat, serta bisa mendaftar ke perusahaan atau start up bergengsi di Indonesia. 

2. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Indonesian International Student Mobility Awards atau biasa dikenal dengan (IISMA) Merupakan program yang mana mahasiswa Indonesia dapat belajar keluar negeri seperti Student Exchange. Selain itu juga semester yang dapat disetarakan hingga dua puluh SKS, dan mahasiswa dapat mengikuti pendidikan di perguruan tinggi di luar negeri bergengsi yang menjadi mitra Kemendikbudristek RI.

Dengan Setidaknya mahasiswa akan mengambil tiga hingga empat mata kuliah dari sepuluh mata kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi mitra luar negeri dan berkuliah bersama siswa asing lainnya di kelas yang sama.

BACA JUGA:Capai Kemulian dengan Memberi Santunan Anak Yatim di Desa Bulakan oleh Mahasiswa KKM UNIBA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: