Mahasiswi UIN SMH Banten Ini Kuliah Sambil Bisnis di Lingkungan Kampus, Simak Kisah Inspiratifnya

Mahasiswi UIN SMH Banten Ini Kuliah Sambil Bisnis di Lingkungan Kampus, Simak Kisah Inspiratifnya

Kodariyah Mahasiswa UIN SMH Banten-Kodariyah for inforadar.id-

INFORADAR.ID – Kodariyah, mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten, membuktikan bahwa kuliah dan bisnis bisa berjalan beriringan. 

Berasal dari Kecamatan Padarincang dan berkuliah di Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN SMH Banten, ia terinspirasi dari teladan Rasulullah serta orang tuanya untuk merintis usaha di lingkungan kampus meski kerap mendapatkan berbagai tantangan.

Dikenal sebagai mahasiswi yang gigih, Kodariyah memulai bisnis kecil-kecilan dengan menjual makanan yang mudah diterima dikalangan mahasiswa di kampus. Kodariyah menyatakan bahwa motivasi terbesarnya untuk berdagang datang dari dua hal. Pertama, ia mencontoh Rasulullah yang sejak kecil berdagang hingga menjadi pengusaha sukses. 

"Perjuangan berdagang tidak seberat apa yang dialami Rasulullah, yang bahkan sambil berdakwah," ungkapnya saat diwawancarai, pada Kamis 5 September 2024.

BACA JUGA:Tanggal Rilis Dragon Ball Daima Resmi Diumumkan

BACA JUGA:6 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orang

Tak hanya mengambil inspirasi dari Rasulullah, Kodariyah juga menjadikan perjuangan kedua orang tuanya, terutama ibunya, sebagai motivasi. “Ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga yang sibuk dengan anak-anak, tapi tetap mampu berjualan keliling. Dari sini saya belajar semangat pantang menyerah,” jelasnya.

Meskipun dihadapkan pada aturan kampus yang melarang mahasiswa berjualan, Kodariyah tetap teguh pada prinsipnya. Baginya, aturan yang dibuat manusia tidak seharusnya menghalangi hal yang baik dan halal seperti berdagang. 

"Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Selagi bisnis saya halal dan tidak melanggar syariat, saya akan terus menjalankannya," tegasnya.

Untuk menyiasati kesibukan kuliah dan bisnis, Kodariyah menerapkan manajemen waktu yang ketat. Ia selalu mengutamakan kuliah, namun tetap mencari waktu luang untuk menjalankan bisnisnya. "Kalau saya sebisa mungkin memprioritaskan untuk mengerjakan tugas kuliah, kemudian setelahnya baru melanjutkan bisnis dengan berdagang di waktu setelah kuliah," katanya. 

BACA JUGA:5 Cara yang Bisa Bikin Kaum Rebahan Produktif, Wajib Keluar dari Zona Nyaman!

BACA JUGA:Capai Kemulian dengan Memberi Santunan Anak Yatim di Desa Bulakan oleh Mahasiswa KKM UNIBA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: