Gak Bisa Nabung? Mulai Mengelola Financial Planning

Gak Bisa Nabung? Mulai Mengelola Financial Planning

Mengelola Financial Planning-Ghina GenRB-

INFORADAR.ID - Banyak orang merasa kesulitan untuk menabung, entah karena penghasilan yang pas-pasan atau kebiasaan belanja yang sulit dikendalikan.

Padahal, menabung adalah langkah penting untuk mencapai stabilitas finansial dan meraih berbagai tujuan hidup. Jika Anda merasa selalu kehabisan uang di akhir bulan dan sulit menyisihkan sebagian untuk tabungan, mungkin saatnya untuk mulai mengelola financial planning Anda. 

Tulisan ini akan membahas beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini dan mulai menabung dengan efektif.

Membuat Anggaran yang Realistis

Langkah pertama untuk bisa menabung adalah dengan membuat anggaran bulanan yang realistis. Catat semua penghasilan dan pengeluaran Anda selama satu bulan. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan adalah hal-hal yang wajib dipenuhi, seperti makanan, transportasi, dan tagihan, sementara keinginan adalah pengeluaran yang bisa ditunda atau dihindari, seperti makan di restoran atau membeli barang-barang yang tidak mendesak.

Dengan membuat anggaran, Anda bisa melihat dengan jelas ke mana saja uang Anda mengalir dan di mana Anda bisa melakukan penghematan.

Prioritaskan Menabung Sejak Awal

Banyak orang menabung dari sisa uang yang tidak terpakai di akhir bulan, padahal ini bisa membuat tabungan jadi hal yang paling sering terlewat.

Cobalah untuk membalik pola pikir ini dengan menjadikan menabung sebagai prioritas utama. Setelah menerima gaji, langsung sisihkan sejumlah uang untuk ditabung sebelum membayar pengeluaran lain.

Jumlahnya tidak harus besar, yang penting adalah konsistensi. Cara ini, yang dikenal sebagai pay yourself first, akan membantu Anda lebih disiplin dalam menabung.

BACA JUGA:2 Loker Terbaru di Tangerang, Buruan Persiapkan Dirimu

BACA JUGA:Gen Z Hingga Milenial Asia Demam Koleksi Labubu

Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: