Apa Makna Pada Lambang Pramuka? Ini 6 Makna Kiasan dari Tunas Kelapa

Apa Makna Pada Lambang Pramuka? Ini 6 Makna Kiasan dari Tunas Kelapa

Tunas Kelapa Lambang Pramuka-@pramukapinrang-Instagram

INFORADAR.ID – Pernahkah kamu memperhatikan lambang Pramuka yang berbentuk tunas kelapa? Ternyata, di balik bentuk sederhana itu, terdapat makna yang sangat dalam dan sarat akan nilai-nilai luhur. 

Lambang tunas kelapa bukan sekadar hiasan, melainkan simbol yang mewakili semangat dan tujuan gerakan Pramuka. Lantas, apa saja makna yang terkandung dalam lambang ini? Yuk simak sampai selesai ya.

Sebagai seorang Pramuka, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan lambang gerakan Pramuka. Lambang yang berbentuk tunas kelapa ini menyimpan banyak makna yang berkaitan erat dengan nilai-nilai kepramukaan. 

BACA JUGA:Yuk Meriahkan Hari Pramuka 14 Agustus 2024, Ini Yel-yel Pramuka yang Seru dan Bikin Semangat

BACA JUGA:Bukan Sekedar Bumbu, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Mulai dari semangat pantang menyerah hingga jiwa sosial yang tinggi, semua tergambar dalam lambang sederhana ini.

Tunas kelapa dipilih sebagai lambang Pramuka karena kelapa adalah tumbuhan yang serbaguna dan dapat tumbuh di mana saja. Ini melambangkan bahwa seorang Pramuka harus adaptif, mandiri, dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Setiap bagian dari pohon kelapa, mulai dari akar sampai daun, punya manfaat yang berbeda-beda. Ini mengajarkan kita bahwa setiap orang, tidak peduli siapa pun, pasti punya kemampuan dan kelebihan yang bisa berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Dilansir dari Instagram @pramukapinrang, tunas kelapa sendiri ditetapkan sebagai lambang Pramuka berdasar Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48 dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII Pasal 120, dan penjabaran terdapat dalam SK Kwarnas Nomor 06/KN/72.

Lambang ini diciptakan oleh Sunardjo Atmodipuro, yang lahir pada 29 Februari 1903 di Blora dan wafat pada 1979. Beliau merupakan Andalan Nasional dan Pembina Pramuka selain itu juga salah satu pegawai dari Departemen Pertanian.

BACA JUGA:Meriahkan Hari Pramuka ke-63, Ini 5 Ide Kegiatan Menarik dan Seru

BACA JUGA:Resep Bolu Kukus Merah Putih Edisi HUT RI ke-79, Cocok untuk Suguhan Pada 17 Agustus 2024

Apa Makna Pada Lambang Pramuka?

Berikut ini enam makna kiasan yang terkandung dalam lambang Gerakan Pramuka:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: