Gen Z Wajib Tahu, Ini 7 Level of Financial Freedom

Gen Z Wajib Tahu, Ini 7 Level of Financial Freedom

Ilustrasi seseorang yang baru mengetahui Level of Financial Freedom. -Hasby Gen RB-

INFORADAR.ID – Saat dewasa kita pasti menginginkan kondisi dimana kita tidak perlu lagi memikirkan atau mengkhawatirkan soal financial.

Hidup dengan tenang tanpa memikirkan financial atau yang lebih sering disebut financial freedom menjadi dambaan bagi setiap orang. 

Level financial freedom bisa dicapai ketika kamu sudah memiliki banyak tabungan darurat untuk masa depan. Sehingga kamu tidak perlu lagi memikirkan berapa banyak uang yang akan dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan.

Lalu apa saja sih tingkatan level financial freedom? Menurut buku yang ditulis oleh Grant Sabatier, terdapat 7 level financial freedom.

 

1. Clarity

Untuk level yang pertama, kamu bisa mengenali kondisi keuangan kamu terlebih dahulu. 

Pada level ini, kamu perlu mengetahui berapa besaran uang yang masuk dan keluar. Dengan mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar, kamu juga bisa menambahkan tujuan yang ingin kamu capai agar mempermudah kamu mengatur financial.

 

2. Self-sufficiency

Di level self-sufficiency bisa dicapai ketika kamu sudah menghasilkan uang sendiri. Artinya, ada pemasukan rutin yang bisa memenuhi biaya hidup kamu.

Level ini bisa dicapai saat kamu sudah memiliki pekerjaan tetap dan bisa mengontrol gaji untuk pengeluaran setiap bulannya.

 

3. Breathing Room

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: