Wisata Pandeglang, 6 Situs Peninggalan Budaya Zaman Baheula

Wisata Pandeglang, 6 Situs Peninggalan Budaya Zaman Baheula

Situs Batu Goong, salah satu situs peninggalan budaya di Pandeglang-andygmly_-instagram.com

INFORADAR.ID - Dengan segala kekayaan sejarah dan keindahan alam yang dimiliki, Pandeglang menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Dari wisata religi di Batu Qur’an hingga menjelajahi situs-situs klasik di Gunung Pulosari, setiap sudut wisata Pandeglang memancarkan pesona yang mengajak untuk dijelajahi lebih dalam.

Petualangan pekan ini membawa kita ke situs-situs klasik di lereng Gunung Pulosari, Pandeglang. Situs-situs wisata Pandeglang ini, yang tampaknya berasal dari zaman pra-Islam atau bahkan prasejarah, menyimpan batu-batu bergores, batu berbentuk gong, batu lumpang, dan menhir.

Keberadaan benda-benda ini menimbulkan dugaan bahwa situs-situs tersebut berasal dari peradaban kuno yang sama, mungkin dari era Prabu Siliwangi dari Pajajaran atau Kerajaan Salakanegara.

Baiklah, dikutip dari laman Medium, inilah enam peninggalan sejarah di Pandgelang yang merupakan enam situs peninggalan budaya.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Pandeglang dengan View Spektakuler

Enam Situs Peninggalan Budaya yang Menakjubkan

1. Prasasti Muruy

Prasasti ini diukir pada batu andesit besar dengan tulisan beraksara Arab yang diduga merupakan angka tahun 1161 Hijriah atau 1741 Masehi, berasal dari era Kesultanan Banten.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Project_Sk (@projectsk65)

2. Cidaresi

Batu bergores ini adalah peninggalan megalitik, berupa batu monolit dengan goresan segitiga dan lubang kecil di tengahnya, yang diyakini sebagai simbol kesuburan dan kesucian.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Warung Betawi Bang Juki (@ahmad.marzuq.9)

3. Arca-arca di Batu Ranjang

Ketiga arca ini adalah media ritual dari era megalitikum yang juga melambangkan kesuburan dan kesucian.

4. Batu Ranjang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: medium.com