4 Tips Melukis untuk Pemula

4 Tips Melukis untuk Pemula

foto Erika Richardo, content creator sekaligus pelukis muda-instagram/erikarichardo-

INFORADAR.ID - Untuk memulai hobi melukis, tentunya ada 4 tips melukis yang wajib diketahui dan diterapkan oleh para pemula.

Tips Melukis ini akan memudahkan kamu untuk mulai mengekspresikan imajinasi ke dalam gambar.

Berdasarkan pengalaman penulis dan beberapa pelukis lainnya, ada 4 tips melukis yang bisa diterapkan.

Seperti yang kita ketahui, melukis adalah sebuah kegiatan membuat gambar dengan menggunakan pensil, pulpen, kuas, cat dan sebagainya. 

Melalui melukis, seseorang bisa mengekspresikan imajinasinya yang kemudian terealisasikan dalam kanvas ataupun media lainnya. 

Dalam melukis, harus terdapat sebuah objek yang dipakai untuk dilukis seperti manusia, alam, flora, dan fauna. Namun, adapun objek lukis yang bersifat nonrepresentatif. Biasanya lukisan dengan sifat seperti itu bertujuan untuk mengungkapkan ekspresi pelukis.

Untuk dapat melukis, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut adalah 4 tips melukis bagi pemula : 

1. Mengetahui media peralatan lukis

Untuk membuat sebuah lukisan, terdapat berbagai media dan perlatan lukis yang bisa digunakan. Jika ingin membuat lukisan dengan cat air, maka peralatan yang perlu disiapkan adalah kuas, cat air, dan juga kertas khusus cat air. Namun, jika ingin membuat lukisan dengan cat akrilik, maka peralatan yang diperlukan adalah kanvas, kuas, dan juga cat akrilik.

Agar lebih praktis, kamu bisa membeli peralatan lukis yang sudah termasuk dalam satu set seperti satu set kuas maupun satu set cat.

2. Mencari inspirasi melukis

Sebagai pemula, inspirasi melukis diperlukan untuk menghindari kesulitan saat melukis. Inspirasi melukis dapat dicari melalui aplikasi Pinterest. Melalui inspirasi yang didapatkan, kamu bisa dengan perlahan mencoba melukis sesuai inspirasi tersebut dan membiasakan diri dalam melukis.

3. Dengarkan musik

Melukis harus dilakukan dengan dasar kegemaran dan kebahagiaan dalam melukis. Dalam belajar melukis, pastinya rasa jenuh bisa saja muncul. Agar tetap termotivasi untuk belajar melukis, ketika melukis, kamu bisa mendengarkan lagu favorit kamu. Dengan melakukan hal ini, proses belajar melukis akan terasa lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait