Lulus S1, Mau Lanjut S2 atau langsung Kerja ?

Lulus S1, Mau Lanjut S2 atau langsung Kerja ?

Tati Novianti mahasiswi semester akhir di UIN Sultan Maulana Hasanuddin.-Ica-

INFORADAR.ID - Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, banyak lulusan merasa bingung akan langkah selanjutnya. Di antara berbagai opsi yang tersedia, melanjutkan studi untuk meraih gelar S2 atau langsung memasuki dunia kerja adalah dua pilihan yang paling umum dipertimbangkan.

Bagi sebagian lulusan, melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 adalah langkah penting untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan, serta membuka peluang karier yang lebih luas di masa depan. 

Namun, sisi lainnya, memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah juga merupakan pilihan yang menarik. Langsung terjun ke dunia kerja bisa memberikan kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh selama kuliah, serta memperluas pengalaman kerja.

Tati Novianti, salah satu mahasiswi semester akhir di UIN Sultan Maulana Hasanuddim Banten mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke jenjang S2 setelah lulus kuliah, namun karena keadaan ekonomi kurang mendukung, tati lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu.

"Planing saya pengen lanjut S2, tapi melihat keadaan ekonomi yang kurang mendukung, kemungkinan kerja dulu. Karena harapan saya juga, ketika saya lanjut S2, saya pengen biaya kuliah s2 full dari diri sendiri jadi ngga membenbani orang tua lag", ucapnya.

Keputusan ini tentu bervariasi tergantung pada kebutuhan dan tujuan masing-masing individu. Yang jelas, penting bagi lulusan untuk mempertimbangkan baik-baik manfaat dan resiko dari setiap pilihan.

Sebagai bahan pertimbangan, yuk, simak apa saja kelebihan dan kekurangan kedua pilihan setelah lulus kuliah tersebut.

 

Lanjut S2 begini plus minusnya 

Manfaat :

   - Kesempatan untuk belajar lebih dalam dalam bidang yang diminati.

   - Meningkatkan peluang dalam dunia akademik atau karier di perusahaan yang memerlukan keahlian khusus. - Mengembangkan jaringan professional yang lebih luas.

   - Peluang karir menjanjikan lewat ketersediaan lowongan kerja di posisi yang lebih tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: