Mengenal Somniphobia, Perasaan Takut Berlebih untuk Tidur

Mengenal Somniphobia, Perasaan Takut Berlebih untuk Tidur

Ilustrasi sulit tidur karena somniphobia- Pinterest/Toronto Star-

INFORADAR.ID - Somniphobia dapat mengganggu aktivitas harian karena jam waktu tidur yang tidak ideal. Bagi manusia tidur termasuk aktivitas wajib karena tubuh membutuhkan energi untuk melakukan rutinitas. Tidak hanya berperan untuk menghasilkan energi, tidur juga berperan membantu mengatur berbagai fungsi dalam tubuh.

Walaupun tidur adalah aktivitas penting, untuk sebagian orang tidur adalah sesuatu yang menyeramkan sehingga selalu merasa takut untuk tidur. Apakah hal ini mengganggu? Yuk simak informasi berikut.

Merasa ketakutan setiap kali akan tidur disebut dengan istilah Somniphobia yang merupakan salah satu gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan tidur. Seseorang dengan somniphobia selalu merasa takut atau khawatir akan terjadi hal-hal buruk saat tertidur.

Faktor yang menjadi penyebabnya berbeda-beda pada setiap orang. Dalam banyak kasus, orang dengan gangguan tidur ini bukan takut karena tidur itu sendiri, melainkan takut akan hal yang mungkin saja terjadi ketika tidur seperti kebakaran, tindak kejahatan atau bencana alam. Bisa juga terjadi karena mimpi buruk, sleep paralysis, sleep walking, dan trauma.

BACA JUGA:Gak Cuma Tidur atau Rebahan, Istirahat Juga Ada Beberapa Jenis Loh, Kamu Harus Tahu

Gejala yang timbul dari Somniphobia:

- Menghindari waktu tidur

- Merasa panik menjelang waktu tidur

- Detak jantung lebih kencang dari biasanya

- Sesak nafas

- Mengalami perubahan suasana hati

- Sulit berkonsentrasi

Somniphobia menyebabkan kurang tidur yang jika dilakukan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Diantaranya, yaitu tekanan darah tinggi, depresi hingga serangan jantung.

Pengidapnya bukan berarti tidak bisa tidur sama sekali, biasanya bisa tertidur hanya dengan waktu sebentar, antara tiga sampai lima jam saja. Hal ini menyebabkan wajah terlihat lesu dan sulit fokus sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: