Seleksi CPNS 2024 Diundur, Strategi Pemerintah Agar Peserta Lebih Banyak Belajar?

Seleksi CPNS 2024 Diundur, Strategi Pemerintah Agar Peserta Lebih Banyak Belajar?

Ilustrasi: Seleksi CPNS 2024 diundur.--freepik.com

INFORADAR.ID - Kabar mengejutkan datang dari jagat rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti seleksi CPNS 2024 atau CASN 2024. Ternyata, pembukaannya bakal diundur hingga bulan depan.

Yup, benar sekali, mundur lagi. Informasi diundurnya seleksi CPNS 2024 ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas, saat konferensi pers di Jakarta. 

Pada media pak Azwar menjelaskan, alasan mulia di balik penundaan seleksi CPNS 2024 adalah karena banyak kementerian dan lembaga yang sepertinya lupa bahwa mereka harus mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan oleh Kementerian PAN RB.

Bayangkan saja, dari kuota lebih dari 200.000 yang disediakan, yang diajukan baru mencapai 130.341. Jelas sekali, kan, betapa antusiasnya mereka?

BACA JUGA:Simak Tips and Tricks Tes CPNS 2024

Tidak hanya itu, formasi untuk fresh graduate yang seharusnya memenuhi kuota juga tidak terpenuhi. Keren, bukan? Jadwal seleksi CASN 2024, yang mencakup CPNS dan PPPK, memang harus mundur dari Juni ke Juli.

Tapi, memasuki 1 Juli 2024, masih belum ada tanda-tanda pembukaan seleksi. Mungkin kita harus lebih sabar lagi.

Pak Anas dengan tegas menyatakan bahwa pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK tidak mungkin ditunda, karena sudah terjadwal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Semua proses seleksi CASN 2024 atau CPNS 2024 harus selesai selambat-lambatnya pada Desember 2024. Keputusan ini sudah disepakati bersama dengan Komisi II DPR RI.

Jika dilihat dari sisi yang lain, penundaan seleksi CPNS 2024 ini merupakan strategi pemerintah untuk mematangkan persiapan peserta seleksi.

Pemerintah memberikan banyak waktu untuk para peserta seleksi CASN 2024 memaksimalkan kemampuan mereka dengan belajar lebih banyak lagi.

BACA JUGA:14 Hal yang Bikin 30 Persen Gagal Seleksi Administarsi CPNS 2024

Dan deretan channel YouTube ini mungkin bisa membantu mewujudkannya. Channel YouTube ini akan membuat para peserta seleksi mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tes yang memusingkan.

Channel YouTube untuk Seleksi CPNS dan PPPK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: