Mahasiswa PNF Untirta dan DKBPPPA Lakukan Pembinaan Forum Anak

Mahasiswa PNF Untirta dan DKBPPPA Lakukan Pembinaan Forum Anak

Beberapa peserta pembinaan forum anak.-Abira Salsabila-

INFORADAR.ID – Dua mahasiswa Pendidikan Non Formal (PNF), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), lakukan pembinaan forum anak pada 12 Juni 2024.

Bekerjasama dengan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang, kegiatan tersebut berlangsung di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten.

Pembinaan forum anak turut dihadiri oleh Pembimbing MBKM dan Staf DKBPPPA Kabuparen Serang Hanna Maulida dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) MBKM Jurusan PNF Fitri Pertiwi.

Dalam sambutannya, Hanna Maulida sangat mengapresiasi dengan kehadiran pembinaan forum anak.

“Saya sangat mengapresiasi, forum anak ini mempunyai motivasi yang kuat untuk terus meningkatkan dan membangun pondasi yang kuat untuk masyarakat yang lebih inklusif dan peduli terhadap hak-hak anak serta permasalahan anak,” katanya.

Pembinaan forum anak menyasar pada anak-anak hingga remaja. Tujuannya untuk mendukung partisipasi  anak-anak, perlindungan anak, dan pengembangan keterampilan.

Forum anak merupakan sebuah platform partisipatif yang memungkinkan anak-anak untuk menyampaikan pendapat, aspirasi, dan kebutuhan mereka secara langsung kepada pihak berwenang.

Melalui forum ini anak-anak dapat belajar mengenai hak-hak mereka dalam membangun kepercayaan diri, dan menjadi agen perubahan positif dalam komunitas mereka.

Dengan begitu, pembinaan forum anak tidak hanya menjadi sarana untuk memperkuat partisipatif anak, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yang inklusif dan berpihak kepada anak dan perempuan.

Hanna Maulida juga berharap, adanya pembinaan forum anak bisa menciptakan dampak yang signifikan bagi anak-anak hingga remaja.

Tidak hanya itu, adanya pembinaan forum anak juga bisa memperkuat partisipasi anak-anak, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di tingkat komunitas melalui kolaborasi dengan Dinas Keluarga Berencana.

Dalam pembinaan forum anak, sebanyak 20 peserta diberikan edukasi mengenai permasalahan yang terjadi pada usia anak-anak hingga remaja.

Tidak hanya mendengarkan sosialisasi yang dilakukan, peserta yang terdiri dari anak-anak dan remaja juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: