Kuliner Khas Idul Adha di Nusantara, Nomor 3 Banten Punya

Kuliner Khas Idul Adha di Nusantara, Nomor 3 Banten Punya

Kuliner khas Idul Adha nusantara-pixlr.com-

INFORADAR.ID - Hari Raya Idul Adha adalah momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Hari ini juga dikenal sebagai hari raya kurban yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Pada hari raya Idul Adha, umat Muslim di seluruh dunia merayakan peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT. Kurban dilakukan dengan menyembelih hewan seperti sapi, kambing, atau domba, kemudian dagingnya dibagikan kepada keluarga, saudara, dan tetangga.

Perayaan Hari Raya Idul Adha tidak lengkap tanpa menyajikan hidangan khas yang wajib ada. Hidangan khas ini biasanya terbuat dari daging kurban dan sangat istimewa karena hanya disajikan pada hari raya ini.

Selama perayaan Idul Adha, daging kurban yang diperoleh akan dimasak menjadi hidangan untuk dinikmati bersama keluarga. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis kuliner tradisional berbahan utama daging, yang berbeda-beda di setiap daerah.

BACA JUGA:Resep Sambal Buroq Khas Banten: Paduan Rasa Pedas Manis yang Bikin Nasi Cepat Habis

1. Soto Betawi (Jakarta)

Soto Betawi adalah soto dengan kuah santan atau campuran susu, khas Jakarta. Soto ini menggunakan berbagai bagian seperti jeroan babat, hati, paru, usus, kikil, atau daging sapi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Reza in Holland (@reez0609)

2. Sate Karak (Surabaya)

Sate Karak, kuliner khas Surabaya, menggunakan jeroan sapi yang dipotong kecil-kecil dan dimarinasi dengan bumbu rempah. Sate ini biasanya disajikan bersama nasi ketan hitam.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya | Cece Kuliner (@cecekuliner)

3. Rabeg (Banten)

Rabeg, masakan khas Banten, menggunakan daging dan jeroan kambing yang ditumis dengan berbagai bumbu, daun jeruk purut, kayu manis, dan kecap sampai kering, kemudian digoreng. Campurannya meliputi rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, biji pala, lada, cabai rawit, dan kayu manis.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Noviana Misnannisah (@sasanoviana)

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Tangerang Populer dari Street Food Hingga All You Can Eat

4. Rawon Daging Sapi (Jawa Timur)

Rawon adalah masakan berkuah khas Jawa Timur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, rawon adalah masakan berkuah yang dibuat dari irisan daging dengan bumbu utama keluak, ditambah rempah-rempah lainnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Susana Gracia Catrine (@susan_gracia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: