Tips Mahasiswa Baru Agar Makin Pede Saat Memulai Perkuliahan

Tips Mahasiswa Baru Agar Makin Pede Saat Memulai Perkuliahan

Herman Bagikan Tips untuk mahasiswa baru yang kebingungan saat masuk kuliah-Instagram/Herman.zz-

INFORADAR.ID - Gelombang mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025 telah dimulai, para mahasiswa baru akan mengawali perjalanannya di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Namun, di balik semangat dan antusiasme yang menggebu-gebu, banyak di antara mahasiswa baru yang mengalami kebingungan mengenai langkah-langkah awal yang harus diambil dalam kehidupan kampus.

Mahasiswa baru pasti akan merasa bingung tentang bagaimana cara mengatur waktu, bagaimana metode belajar paling efektif, bagaimana cara menghadapi ujian, hingga bagaimana cara mendapatkan beasiswa.

Herman, salah satu mahasiswa berprestasi dari UIN Ar-Raniry Aceh, dengan berbagai prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional, membagikan tips and Trik yang tentunya sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru, diantaranya:

BACA JUGA:7 Rekomendasi Beasiswa yang Cocok Dicoba Bagi Calon Mahasiswa Baru

1. Cara Mengatur Waktu

Menurut Herman cara mengatur waktu antara kuliah, organisasi,dan kehidupan pribadi adalah dengan memenejemen waktu dengan skala prioritas, dimana dia akan mengurutkan apasaja kegiatan yang akan di lakukan di esok hari, tak hanya mengurutkan ia juga akan mengerjakan tugas yang menurut dia penting untuk dikerjakan lebih dulu. 

2. Metode Belajar Paling Efektif

Menurutnya juga metode belajar paling efektif selama kuliah adalah dengan menulis ulang materi yang telah di ajarkan oleh dosen. 

"Karna saya orangnya gampang mengingat dan gampang lupa, jadi metode belajar paling efektif menurut saya itu dengan menulis ulang poin point pentingnya," ujarnya

3. Cara Menghadapi Tugas dan Ujian

Sedangkan cara untuk menghadapi ujian, Herman menggunakan teknik 20 menit belajar dan 5 menit istirahat secara berulang. 

"Tapi saya itu selalu menerapkan prinsip ketika belajar dan besoknya ujian, atau tugas besar, saya bawa enjoy dan ngga dibawa pusing. Jadi 20 menit belajar 5 menit istirahat," tambahnya

BACA JUGA:Cara Mencari Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: