Maba Harus Tahu, Kuliah Gak Cuma Belajar di Kelas

Maba Harus Tahu, Kuliah Gak Cuma Belajar di Kelas

kegiatan yang harus maba ketahui dalam perkuliahan-Tangkapan layar Youtube : farhan journal-

INFORADAR - Mahasiswa baru (Maba) perlu tahu jika dalam menempuh pendidikan dibangku kuliah bukan hanya belajar di kelas saja. Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan

Maba dapat mencari pengalaman dan  mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensi dengan berbagai kegiatan baik didalam kampus maupun luar kampus. 

Farhan Jijima memberikan tips dalam kanal youtubenya 'Farhan Journal' terkait beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama kuliah selain belajar.

1. Mengikuti Bootcamp

Selama kuliah kamu dapat mengikuti bootcamp. Jika memang terkesan mahal, banyak bootcamp yang dibuka dengan harga low budget bahkan  gratis. Namun perlu diketahui harga mahal sepadan dengan ilmu yang diberikan, rugi itu ketika bayar mahal tapi tidak mendapatkan ilmunya. Dengan mengikuti bootcamp kamu dapat belajar skill baru yang mungkin tidak didapatkan di kampus.

BACA JUGA:Belajar Jurnalistik dan Literasi Media, SMAN 1 Mancak Kunjungi Radar Banten

2. Mengikuti Seminar

Seminar atau webinar biasanya dilakukan saat weekend, kamu dapat mengisi kebosanan dihari libur dengan mengikuti seminar. Bukan hanya mendapatkan sertifikat, hal yang dibahas public speaker yang ahli dalam bidangnya dapat menjadi motivasi untuk mendorong semangatmu dalam kuliah. Biasanya webinar atau seminar diadakan secara gratis, jadi tidak ada salahnya mengikuti kegiatan ini. 

3. Ikut Kegiatan Sosial

Pengalaman mengikuti kegiatan sosial sangat besar,  karena disana kamu diajarkan banyak hal salah satunya adalah menghargai seseorang dan berbaur dengan orang yang belum dikenal. Dalam mengikuti kegiatan ini terdapat yang berbayar, gratis bahkan dibayar tergantung yang mengadakan kegiatan sosialnya.

4. Rajin Berburu Beasiswa

Banyak sekali informasi beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Farhan mengaku dirinya adalah orang yang rajin berburu beasiswa, bukan karena gak ada uang tapi ia senang menulis esai dan mengukuti interview. karena dunia kerja tidak jauh dari interview sehingga dapat melatih dalam menjawab pertanyaan interview. Banyak peluang ketika daftar beasiswa seperti diikutsertakan lomba, pelatihan setiap minggu dan kegiatan lain dari pembuat beasiswa. 

BACA JUGA:Mahasiswa Wajib Tahu: Bukan Hanya Soal Belajar, Ini 4 Faktor Kunci yang Mempengaruhi IPK Kamu

5. Kepanitiaan/Organisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: