Kenali Masalah Utama dan Penyakit Gen Z, Begini Kata Peneliti

Kenali Masalah Utama dan Penyakit Gen Z, Begini Kata Peneliti

--Freepik/storyset

INFORADAR.ID - Gen Z yang sedang mengalami keresahan dalam kehidupan biasanya lebih cenderung sering overtingking dan mengalami berbagai macam penyakit disebabkan karena memiliki masalah dalam mental dan pikiran.

Masalah utama ini timbul akibat tekanan dari internal maupun eksternal, pemikiran berlebih tentang hidup dan mengukur pencapaian orang lain, masalah tersebut timbul secara terus-menerus dan menyebabkan penyakit lain.

Masalah utama dan penyakit gen z bisa diatasi dengan kebiasaan positif, merubah mindset dan beribadah kepada tuhan. Mengurangi pemikiran yang berlebihan adalah kunci kesehatan mental dan fisik seorang gen z.

Menurut penelitian University College London, inilah masalah utama dan penyakit yang sering dialami gen z.

BACA JUGA:Tips untuk Para Gen Z: Sebelum Putuskan Nikah Muda, Kenali Diri Sendiri Lebih Dulu

1. Gangguan Mental

Tingkat depresi gen z lebih tinggi dua per tiga daripada milenial. Depresi atau gangguan mental sangat rentan dialami gen z. Gangguan mental tersebut timbul akibat banyaknya tekanan maupun pikiran yang berlebih tentang hidup dan masalah hidup tersebut hanya dipendam oleh diri tanpa meminta solusi atau konsultasi.

2. Krisis Identitas

Krisis identitas yang dialami gen z, disebabkan oleh: bingung dengan masa depan, takut tertinggal akan pencapaian, tidak memiliki teman curhat, sulit membuat keputusan ketika dihadapkan dengan beberapa pilihan, memikirkan sesuatu tanpa solusi, mengasingkan diri dengan lingkungan karena membandingkan diri dengan orang lain dan selalu mengikuti standar orang lain. Kamu bisa merubah ini dengan aktif berproduktif dengan baik setiap hari, fokus tujuan hidup dan berfikir positif pada hal apapun.

3. Media Sosial

Menurut survei global terbaru mengatakan bahwa penggunaan media sosial menyebabkan rasa takut ketinggalan atau fomo atau citra tubuh yang buruk. Walaupun banyak hal positif dari media sosial yang bisa kita ambil seperti: membangun hubungan sosial atau relwsi dan tempat mengekspresikan diri, penggunaan media sosial yang buruk bisa menyebabkan masalah utama dalam diri gen z.

Adapun penyakit yang biasa dialami oleh gen z sangat berhubungan dengan masalah utama yang disebutkan tadi. 

Inilah penyakit pada gen z yang timbul akibat masalah tersebut.

1. Gerd 

Banyaknya pikiran yang berlebih dan tidak menghiraukan kesehatan tubuh, penyakit yang timbul adalah asam lambung atau gerd. Kurangnya asupan nutrisi dan vitamin, makan tidak teratur dan stress bisa membuat gerd muncul dalam tubuh. Hindari begadang meminum kafein berlebih dan mengonsumsi makanan terlalu pedas.

2. Hipertensi atau Darah Tinggi

Gejala ini timbul akibat tidak terkontrolnya emosi dalam diri, selalu marah dan tersinggung membuat hipertensi muncul dalam tubuh. Kamu bisa menghindari emosi yang meluap dengan cara menenangkan diri, positif thinking dan merelaksasi diri.

3. Bipolar Disorder

Penyakit mental yang harus dihindari oleh anak muda. Penyakit ini bisa mengancam nyawa penderitanya, biasanya penderita merasa dirinya tidak berguna dan tidak ada semangat hidup. Penyakit anxiety, depresi, stress atau penyakit mental lain bisa kamu hindari dengan menjadikan dirimu lebih baik dan berharga dengan pikiran yang positif dan selalu menggantungkan diri pada tuhan.

Nah, berikut masalah utama dan penyakit gen z yang sering dirasakan. Masalah dan penyakit tersebut bisa kamu hindari.

Menjadikan diri lebih berharga adalah kunci untuk hidup lebih positif, produktif dan terhindar dari masalah dan penyakit tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: