6 Makanan ini Dapat Menurunkan Asam Urat, Simak Penjelasannya

6 Makanan ini Dapat Menurunkan Asam Urat, Simak Penjelasannya

-SS Youtibe dr Saddam Ismail-

INFORADAR.ID - Penyakit asam urat rentan terjadi pada usia sekitar 30-50 tahun, namun bukan hal yang tidak mungkin dialami juga oleh usia muda 20-an.

Terjadinya asam urat disebabkan oleh konsumsi zat purin yang berlebihan seperti jeroan hewan, sehingga meningkatkan peradangan pada sendi dengan gejala badan pegal setelah beraktivitas yang kadang disepelekan.

Dr. Saddam Ismail memberikan 6 rekomendasi makanan yang dapat menurunkan asam urat dalam video di kanal youtubenya 'Saddam Ismail'. Simak dengan saksama penjelasan berikut ini.

 

1. Sayuran Tinggi Antioksidan

Sayuran memang makanan baik bagi semua orang, bukan hanya pada penderita asam urat saja. Sayuran tinggi antioksidan seperti brokoli, paprika, wortel dan timun baik untuk penderita asam urat, karena dapat membantu kerja ginjal agar membuang purin didalam tubuh.

 

2. Buah Tinggi Vitamin C

Rata-rata semua jenis buah baik bagi semua penderita asam urat, namun terdapat beberapa buah yang direkomendasikan. Buah yang tinggi akan Antosianin seperti ceri hitam dan delima, yang dapat mencegah timbulnya serangan asam urat. Selain itu buah yang tinggi akan vitamin C seperti jeruk dan pepaya yang membantu ginjal membuang purin di dalam darah.

 

3. Kacang-kacangan

kacang-kacangan seperti kedelai, walnut dan almond dapat menjadi pilihan.  Perlu diketahui jika protein nabati lebih bagus daripada protein hewani untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Terlalu banyak konsumsi protein hewani akan membuat kambuhnya asam urat lebih tinggi, berbanding terbalik dengan protein nabati yang akan menurunkan kambuhnya asam urat. 

 

4. Biji-bijian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: