3 Ciri Khas yang Ikonik Ada di Banten, dari Sejarah Hingga Kebudayaan

3 Ciri Khas yang Ikonik Ada di Banten, dari Sejarah Hingga Kebudayaan

Potret Wisata Suku Baduy di Banten.-Hanahotana-

INFORADAR.ID – Perhatikan berkut merupakan beberapa ciri khas yang sangat menandakan tentang ciri khas Banten, baik dari segi sejarahnya, hingga kebudayaan leluhur yang ditinggalkannya.

Banten merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa, di mana dulunya banen termasuk dari bagian provinsi Jawa Barat, dan memisahkan diri sejak tahun 2000.

Provinsi Banten memiliki potensi alam yang cukup tinggi. Secara topografi terdiri atas dua bagian besar, yaitu daerah perbukitan di sebalah selatan dan daerah dataran rendah dibagian lainnya. 

Dengan segala keunikan yang dimiliki, banten dikenal sebagai tanah para jawara,selain itu banten juga memiliki begitu banyak kunikan seperti tempat-tempat bersejarah hingga benda pusaka.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Serang Banten yang Unik dan Lezat: Makanan yang Satu Ini Hanya Ditemui di Hari Tertentu Saja

BACA JUGA:Event Seba Baduy hari ke-2, Adakan Lomba Karaoke

Perhatikan berikut merupakan beberapa ciri khas yang ada di Banten, sehingga bisa disebut juga sebagai beberapa hal yang sangat ikonik.

1. Golok ciomas 

Golok ciomas menjadi salah satu ciri khas provinsi banten.  Golok ini sudah digunakan oleh masyarakat banten sejak zaman kesultanan banten.

Golok ciomas juga menjadi salah satu peninggalan tertua dari leluhur banten, golok ciomas ini dikenal dengan nama si rebo. Benda pusaka ini dianggap sebagai benda keramat dan hanya diperlihatkan satu tahun sekali.

2. Suku Baduy

Banten disebut sebagai suku baduy. Suku sunda kuno atau sunda banten yang anti modernisasi dari segi apapun. Perkampungan atau rumah-rumah masyarakat suku baduy terletak di pesisir aliran sungai ciujung, pegunungan kendeng. 

Bahasa yang digunakan juga bahasa sunda kuno dengan dialek turunan yang memiliki beberapa tingkatan.

BACA JUGA:Rekomendasi Kolam Renang di Serang Banten yang Menjadi Surga Liburan Akhir Pekan Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: