Kamu Punya Alergi? Waspada, 4 Alergi Ini Berbahaya: Bisa Menyebabkan Kematian Lohh

Kamu Punya Alergi? Waspada, 4 Alergi Ini Berbahaya: Bisa Menyebabkan Kematian Lohh

Potret orang yang sedang mengalami alergi sehingga hidungnya tersumbat.-pixabay/@GrumpyBeere-

INFORADAR.ID – Kamu perlu mewaspadai diri, terutama bagi kamu yang memiliki alergi pada tubuh kamu yang bisa saja akan sangat mebahayakan pada tubuh kita.

Alergi merupakan salah satu penyakit kronis yang biasanya dialami oleh beberapa banyak orang, karena penyebabnya yang berbeda.

Alergi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang menurun dan kemasukan zat atau hal berbahaya bagi tubuh dan bereaksi berlebihan dan memiliki efek yang beragam akan dirasakan. 

Penyebab dari alergi ini biasa disebut dengan allergen sehingga akan berakibat pada tubuh, seperti gatal-gatal, kemerahan, bentolan, bersin dan masih banyak efek lainnya.

Gejala alergi yang akan dirasakan dengan berbeda-beda efek dan biasanya akan terasa sangat tidak nyaman.

Tidak sedikit juga orang yang mengalami efek lebih parah dari gejala atau efek yang disebutkan sebelumnya dan bahkan bisa berakibatkan fatal, seperti sesak nafas dan akan mengancam nyawa.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Dia Ciri-ciri Ketika Anda Memiliki Alergi Pada Sabun Pencuci Piring

Alergi terdiri dari berbagai macam, mulai dari alergi makanan hingga alergi obat. Macam-macam alergi itu baik yang ringan dan yang berat sekalipun sehingga bisa sampai mengancam nyawa.

Untuk mengenali berbagai macam alergi dan penyebabnya, kamu bisa memperhatikan bebrapa hal berikut ini agar kamu bisa mencegah dari ha-hal yang tida diinginkan di saat kamu memiliki alergi.

1. Alergi Obat

Alergi obat akan muncul ketika adanya reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap obat yang dikonsumsi.

Ada banyak jenis obat yang bisa memicu alergi, termasuk obat antibiotik seperti penisilin, obat pereda nyeri seperti aspirin, obat kemoterapi untuk mengobati kanker, dan obat untuk mengatasi penyakit autoimun yang akan dirasakan bagi beberapa orang.

Alangkah lebih baiknya jika kamu konsultasi ke dokter ketika akan merasakan adanya reaksi alergi setelah mengonsumsi obat, seperti ruam kulit, gatal-gatal, demam, pembengkakan, mata berair, dan sesak napas.

2. Alergi Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: