Pulau Unik di Banten, Ada Relnya

Pulau Unik di Banten, Ada Relnya

-Ghina Aulia Az-Zahra-

INFORADAR,- Pulau Handeuleum, Destinasi Wisata Alam yang Terletak di Ujungjaya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pulau yang unik karena terdapat rel peninggalan zaman dulu. Mitos adanya rel tersebut konon dulunya adalah daratan.

Dikatakan salah seorang warga Desa Ujungjaya bernama Baeti, asal adanya rel itu untuk penarikan kapal rusak dari laut ke darat pada tahun 1992. "Itu mah buat ngedok (docking) penarikan kapal rusak pas tahun 1992" tutur Baeti pada Rabu 8 Mei 2024. "Bukan diambil, tapi ditarik dari laut ke darat Pulau Handeuleum lewat rel pake mesin" lanjutnya.

Keindahan Pulau Handeuleum tak kalah cantik dari pulau-pulau lainnya. Air laut yang biru nan jernih, karang yang cantik dan tanaman mangrove yang menambah kecantikannya. Selain itu, terdapat hewan rusa liar berada di sekitar pulau yang bisa disaksikan dan burung merak jika kita beruntung dapat melihatnya.

"Rusa mah berkeliaran, ada juga burung merak tapi kalo beruntung aja bisa liat paling ketemu bulu-bulunya," ucap Tia salah satu warga lokal Ujungjaya juga.

Di sana, terdapat dermaga dan gedung yang terbengkalai akibat tsunami yang terjadi 2018 lalu. Pada tiang-tiang dermaga, terdapat banyak oyster yang bisa langsung dimakan. ikan-ikan kecil terkadang menampakkan wujudnya. Karena lokasinya yang luas, pulau ini dapat digunakan camping dan berkemah.

Akses menuju kesana menggunakan jasa kapal sekitar 1 jam dari Kecamatan Sumur.

 

penulis : Ghina Aulia Az-Zahra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: