Innalilahi! Aktor Senior Dorman Borisman Tutup Usia, Inilah Karya-karyanya

Innalilahi! Aktor Senior Dorman Borisman Tutup Usia, Inilah Karya-karyanya

Aktor senior Dorman Borisman meninggal dunia-Instagram @bioskop-

INFORADAR.ID - Aktor senior Indonesia, Dorman Borisman, meninggal dunia pada Selasa malam, 7 Mei 2024 kemarin. Berita duka ini menyelimuti dunia perfilman Indonesia yang kehilangan salah satu aktor seniornya. 

Pria berkelahiran Jakarta 5 Februari 1951 ini wafat pada usia 73 tahun. Mendiang telah melambungkan seni aktingnya sejak tahun 1970-an dan populer setelah membintangi film Manusia Enam Juta Dollar bersama Warkop DKI serta film Suzanna. 

Dorman, dikenal dengan aktingnya yang kuat dan karakter-karakternya yang berkesan sebagai seorang preman atau bahkan sebagai orang batak. Meskipun demikian, karakter itu telah melekat dalam diri Dorman. Banyak orang mengira mendiang asli orang batak padahal ia berasal dari suku Jawa. 

Tak hanya perfilman, Dorman juga sempat membintangi beberapa sinetron kepunyaan tanah air seperti Saras 008 dari tahun 1998 hingga tahun 2004 dan berperan sebagai mas Yudhis. 

BACA JUGA:Joko Pinurbo di Mata Sastrawan Banten, Sederhana dan Humble

Melalui peran pendukung yang ikonik, Dorman telah mengukir namanya dalam sejarah perfilman Indonesia. Berikut merupakan karya yang dibintangi Dorman Borisman berdasarkan informasi melalui laman website p2k.stekom.ac.id :

1. Film "Kugapai Cintamu" dan "Suci Sang Primadona" pada tahun 1977

2. Film "Binalnya Anak Muda" pada tahun 1978

3. Film "Yuyun Pasien Rumah Sakit Jiwa", "Dari Mata Turun Ke Hati", "Anak-anak Buangan", dan "Kecupan Pertama" pada tahun 1979

4. Film "Aduhai Manisnya", "Nikmatnya Cinta", "Senggol-senggolan", "5 Cewek jagoan", "Gede Rasa", "Tempatmu di Sisiku", "Pintar-pintar Bodoh", "Nostalgia di SMA", "Roman Picisan", dan "Perempuan dalam Pasungan" pada tahun 1980

5. Film "Ratu Ilmu hitam", "Srigala", "Ira Maya Putri Cinderella", "Manusia 6.000.000 Dollar", dan "Jaka Sembung Sang Penakluk" pada tahun 1981

6. Film "Gadis Bionik" dan "Pasukan Berani Mati" di tahun 1982

7. Film "Telaga Angker" dan "Tergoda Rayuan" di tahun 1984

8. Film "Ratu Sakti Calon Arang" dan "Bangunnya Nyi Roro Kidul" tahun 1985

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: