Hati-Hati Penipuan Travel Umroh. Cek Cirinya

Hati-Hati Penipuan Travel Umroh. Cek Cirinya

Ilustrasi Seseorang Menabung Untuk Umroh--freepik

INFORADAR,- Semakin dekat dengan musim umroh, semakin banyak pula kasus penipuan yang dilaporkan terkait dengan travel umroh. Dalam hal ini, penting bagi calon jemaah untuk memahami ciri-ciri yang mengindikasikan kejujuran sebuah travel umroh.

Jangan sampai memilih travel umroh yang salah. Ciri utama dari travel umroh yang tepercaya ialah berdasarkan lisensi resmi dari Kementerian Agama.  Agen travel umroh terpercaya biasanya telah melewati sejumlah persyaratan dan memiliki izin yang diperlukan dari Kemenag untuk mengatur perjalanan umroh.

Selain ciri kelayakan resmi, ada beberapa tanda yang dapat menjadi petunjuk terhadap potensi penipuan. Berdasarkan informasi melalui website zaharatour.com, ada beberapa hal yang patut jemaah waspadai dari agen Travel Umroh.

1. Memberi harga jauh dibawah harga pasar, para penipu biasanya menawarkan harga dengan nilai murah atas iming-iming sebuah promo.

2. Tidak memiliki hak izin resmi dari Kemenag RI, oleh karena itu jemaah wajib mengecek kembali apakah agen travel umroh memiliki izin melalui website Kemenag RI.

3. Jadwal keberangkatan yang diinfokan tidak jelas, jemaah harus waspada ketika agen travel menawarkan pemberangkatan dengan jarak yang cepat atau dalam kurun waktu lama dari pendaftaran.

4. Menghindari transparansi program umroh dan keberangkatan, agen travel tidak memberikan informasi yang jelas atas program umroh yang ditawarkan dan akan memberikan banyak alasan untuk menghindari beberapa pertanyaan dari kliennya. Terkadang juga menunjukkan foto/video palsu untuk menarik minat calon jemaah

5. Cara pembayaran umroh melalui rekening pribadi, hal ini berbeda dengan agen travel umroh resmi yang akan mengarahkan jemaah untuk membayar ke rekening atas nama perusahaan.

6. Track record dengan ulasan miring, periksa latar belakang dari agen travel umroh melalui testimoni-testimoni.

 

Untuk menghadapi hal demikian, kesadaran dan pemahaman tentang ciri-ciri sangatlah penting karena dapat membantu calon jamaah menghindari finansial dan emosional yang bisa saja terjadi. 

 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa sebuah travel umroh, penting untuk melakukan riset yang cermat terhadap agen tersebut untuk memastikan bahwa perjalanan umroh akan berjalan dengan lancar dan aman. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: