Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Daftar Kartu Prakerja Gelombang 67

Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Daftar Kartu Prakerja Gelombang 67

Poster pendaftaran kartu prakerja-Website @prakerja.go.id-

INFORADAR.ID - Program kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Kabar baiknya, pendaftaran kartu prakerja akan dibuka kembali untuk gelombang 67 pada tanggal 3 mei 2024. Namun, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika kamu ingin mendafta kartu prakerja gelombang 67. 

Jika kamu mendaftar kartu prakerja gelombang sebelumnya dan kamu tidak lolos, maka kamu masih bisa mendaftar untuk gelombang selanjutnya atau gelombang 67.

Namun jika gelombang sebelumnya kamu sudah lolos maka kamu tidak bisa mendaftar kartu prakerja gelombang selanjutnya atau gelombang 67.

Selanjutnya jika kamu masih terdata sebagai siswa atau mahasiswa atau pendidikan formal lainnya, maka kamu tidak bisa mendaftar program kartu prakerja. 

Hal itu juga berlaku jika NIK kamu masih terdaftar di Kemendikbud padahal sudah tidak bersekolah atau kuliah, maka kamu tidak bisa mendaftar kartu prakerja gelombang 67.

Kamu bisa ajukan update status kamu di Kemendikbud atau cek ke kampus ataupun instansi pendidikan kamu yang terakhir untuk mengubah status kamu. Jika kamu hanya lulusan pendidikan SD bisa mendaftar kartu prakerja. 

Sedangkan untuk intensif pelatihan tidak harus habis, kamu cukup membeli dan menyelesaikan satu pelatihan untuk mendapatkan insentif biaya cari kerja sebesar Rp600 ribu.

Tetapi jika tabungan penunjang karir dari skill Academy sebesar Rp800 ribu akan habis, sebaiknya kamu bisa menyelesaikan 2 sampai 3 pelatihan. Insentif pelatihan tidak harus kamu selesaikan sekaligus, kamu bisa menyeelesaikannya secara bertahap. Untuk kelas intensif pelatihan kamu bisa membelinya 15 hari setelah diumumkan lolos. 

Selain insentif pelatihan, kamu juga mendapatkan banyak sekali keuntungan lainnya jika kamu me mendaftar kartu prakerja. Ada beberapa jenis insentif yang akan kamu dapatkan ketika lolos program Kartu Prakerja 2024, seperti Insentif pelatihan Rp3,5 juta, biaya cari kerja Rp600 ribu, insentif survei hingga Rp100 ribu. 

Untuk itu tunggu apalagi, untuk mendaftar langsung masuk ke dashboard Prakerja dan klik "Gabung Gelombang" untuk berkesempatan lolos di gelombang 67.

 

Penulis: Artika Sari (GenRB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: