Pendaftaran CPNS 2024 Sudah Dibuka : Yuk Cek Apa Saja Syaratnya

Pendaftaran CPNS 2024 Sudah Dibuka : Yuk Cek Apa Saja Syaratnya

--

INFORADAR.- Pemerintah Indonesia kembali membuka pintu kesempatan bagi para pencari kerja dengan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Dalam sebuah pengumuman resmi yang dirilis oleh Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran CPNS resmi dibuka mulai dari bulan Mei 2024.

Sebelumnya hal ini sudah diungkapkan oleh Presiden Joko widodo (Jokowi) pada awal Januari 2024, bahwa pemerintah akan  memberikan kesempatan kerja bagi talenta muda Indonesia dengan membuka formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Pemerintah akan membuka rekrutmen CASN 2024 sebanyak 2,3 juta formasi yang dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. 

Pemerintah membutuhkan para pelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah. 

Melansir Halaman Resmi Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mencatat ada 14 daerah yang belum mengajukan usulan formasi dalam seleksi Calon Aparatur sipil Negara (CASN) 2024. Dikhawatirkan akan mengganggu jalannya seleksi akbar abdi negara tahun ini. 

"Ada beberapa daerah yang memang belum mengusulkan formasi," jelas Menteri PANRB Abdullah Azhar Anas saat acara Rakornas Persiapan Pengadaan ASN 2024, di Jakarta, kamis, (14/3/2024).

Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik.

Khusus Untuk papua mengikuti program afirmasi. Anas melanjutkan 13 daerah lainnya adalah Papua Barat, Aceh Selatan, Tapanuli Utara, Kabupaten Kepahiang, Purworejo, Bone Bolango, Gowa, Sinjai, Soppeng, dan Barru. Kemudian ada Merauke, Puncak Jaya, Boven Digul, Asmat, Yahukimo, Leni Jaya, Intan Jaya, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Tambraw, dan Maybrat. 

Selain itu, dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, PANRB juga mengimbau agar setiap peserta memperhatikan dengan seksama informasi dan petunjuk yang tertera dalam pengumuman resmi. Hal ini penting guna menghindari penyebaran informasi palsu yang dapat merugikan para pelamar.

 

*Berikut cara mendaftar CPNS 2024:*

1. Cara Pendaftaran CPNS 2024

•Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.

•Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: