Contoh Jawaban Saat Wawancara Kerja

Contoh Jawaban Saat Wawancara Kerja

Influncer @Vmuliana di konten soal contekan jawaban wawancara kerja--Tiktok @Vmuliana

INFORADAR.ID - Wawancara adalah momen penting dalam proses rekrutmen dan kesempatan untuk menunjukkan keahlian, pengalaman, dan kepribadian Anda kepada calon pemberi kerja.

Salah satu kunci sukses wawancara adalah persiapan yang matang, termasuk mempersiapkan jawaban yang efektif untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan.

Berikut adalah beberapa contoh jawaban dari salah satu influencer @VMuliana, untuk membantu Anda menghadapi wawancara dengan percaya diri dan yakin:

1. Pertanyaan: Coba ceritakan tentang diri kamu?

Dalam menjawab ini, coba untuk merelevansikan pengalaman atau latar belakang yang kamu miliki dengan posisi yang dilamar. Gunakan Framework Past, Present, Future

Contoh jawaban:

Past: Nama saya (xxx), dan saya memiliki latar belakang pendidikan dalam ilmu komputer. Saya lulus dari Universitas ABC dengan gelar sarjana di bidang Teknik Informatika. Selama kuliah, saya aktif mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler terkait pengembangan perangkat lunak dan jaringan komputer, serta mengikuti beberapa kursus online untuk meningkatkan pemahaman saya tentang teknologi terkini.

Present: Saat ini, saya bekerja sebagai seorang pengembang perangkat lunak di sebuah perusahaan teknologi. Sehari-hari, saya terlibat dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak. Saya memiliki keterampilan yang solid dalam bahasa pemrograman seperti Java, Python, dan JavaScript

Future: Sebagai seorang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak, saya sangat antusias untuk terus mengembangkan diri saya di bidang ini

2. Pertanyaan: Apa motivasi Anda bekerja di sini?

Untuk motivasi, referensi jawaban yang bisa dipergunakan.

Contoh jawaban:

"Selain mendapat pekerjaan, motivasi saya melamar kerja di perusahaan ini adalah ingin memberikan kontribusi yang positif."

"Saya juga ingin menyalurkan dan memberikan karya, skill, dan knowledge yang saya miliki."

"Saya ingin membangun hubungan, menjalin relasi, dan membantu rekan kerja untuk sukses serta mencapai target."

"Kepuasan mengatasi rintangan adalah motivasi terbesar saya. Bergabung dengan perusahaan ini merupakan pencapaian terbesar sehingga dapat meninggalkan zona nyaman sebelumnya. Hal menantang inilah yang menarik saya termotivasi melamar kerja di perusahaan ini."

 BACA JUGA:Trik Wawancara Kerja untuk Orang yang Gugup Ketika Bertemu Orang Baru

3. Pertanyaan: Apa kelebihan diri yang Anda miliki?

Dalam menjawab pertanyaan ini, pastikan bahwa kelebihan yang disampaikan relevan dengan pekerjaan yang dilamar atau dapat dipakai di dunia kerja secara luas.

Contoh jawaban:

"Saya dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan dan belajar hal-hal baru dengan cepat.

Fleksibilitas ini memungkinkan saya untuk berkontribusi dalam berbagai proyek dan lingkungan kerja yang berbeda dengan baik, serta memperluas wawasan saya dalam berbagai bidang."

4. Pertanyaan: Coba ceritakan kekurangan Anda?

Dalam menjawab pertanyaan ini, coba untuk menjawab jujur. Namun setelahnya jelaskan apa saja Langkah yang sudah kamu lakukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kekurangan tersebut.

Contoh jawaban:

"Meskipun saya memiliki pengalaman yang solid dalam beberapa aspek pekerjaan saya, ada juga area di mana saya masih perlu belajar dan berkembang lebih lanjut.

Saya sedang berusaha untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya melalui pelatihan dan pengalaman praktis."

5. Pertanyaan: Apa rencana Anda dalam 5 tahun ke depan?

Cara menjawab hal ini adalah dengan menceritakan rencana Anda dalam kurun waktu singkat, kemudian tunjukkan ketertarikan pada pekerjaan dan tekankan komitmen pada perusahaan.

Contoh jawaban:

"Fokus saya dalam 1-2 tahun ini adalah untuk benar-benar mendalami bidang pekerjaan ini

Agar 2-3 tahun setelahnya saya bisa memikul tanggung jawab lebih. Saya memiliki minat besar pada industry ini dan potensi kedepannya dan menurut saya perusahaan ini tempat yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut"

 BACA JUGA:Mau Wawancara Kerja Tapi Bingung? Lakukan Persiapannya dengan Melakukan 7 Hal Ini

6. Pertanyaan: Mengapa kami harus merekrut Anda?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, coba Cari dan pahami budaya perusahaan yang Anda lamar. Cari skill atau cerita unik lain yang bisa membuat Anda terlihat memiliki kualifikasi lebih.

Contoh jawaban:

"Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi, serta kemampuan yang solid dalam pengembangan perangkat lunak.

Saya dapat membawa kontribusi yang signifikan dalam pengembangan solusi teknologi yang inovatif dan efisien. Dengan kelebihan-kelebihan ini, saya yakin bahwa saya dapat membuat kontribusi yang berarti bagi tim dan membantu perusahaan ini."

7. Pertanyaan: Apa pencapaian terbesar Anda?

Sampaikan Pencapaian Terbesar dan dampaknya. Pastikan jawaban tersebut Berhubungan dengan Posisi yang Dilamar.

Contoh jawaban:

"Dalam pekerjaan terakhir, saya bertanggung jawab untuk mengelola program pelatihan dan orientasi karyawan baru.

Sayangnya saat saya pertama masuk, konten-konten yang biasa ditawarkan dalam program ini sering dinilai tidak menarik oleh karyawan. Dari informasi yang saya temukan hanya 65% karyawan baru yang menyelesaikan pelatihan ini.

Saya pun memutuskan untuk menyusun kembali program pelatihan agar lebih relevan dan menarik berdasarkan riset di berbagai industri dan umpan balik yang saya dapatkan dari formular evaluasi yang dibagikan ke karyawan.

Dan dari perubahan program ini, sekarang 93% karyawan baru yang menyelesaikan pelatihan memberi komentar positif tentang pengalaman mereka. Karena pencapaian ini, manajer saya pun akhirnya meminta saya untuk memimpin seminar pelatihan di kantor cabang kami."

8. Pertanyaan: Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?

Contoh jawaban: 

"Bagaimana keseharian pegawai yang bekerja di posisi ini?"

"Apa saja tantangan yang dihadapi mereka yang bekerja di posisi ini?"

"Bisa diceritakan bagaimana culture atau budaya di perusahaan ini?"

"Apa yang Bapak/Ibu paling senang dari bekerja di perusahaan ini?"

 "Bagaimana Langkah selanjutnya dari tahapan rekrutmen ini?"

Mempersiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan-pertanyaan umum ini akan membantu Anda pergi ke wawancara dengan percaya diri dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.(*)

BACA JUGA:Sikap yang Tidak Disukai oleh HRD Saat Wawancara Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: