Memanjakan Lidah dengan Hidangan Tradisional Khas Banten

Memanjakan Lidah dengan Hidangan Tradisional Khas Banten

makanan khas banten--Instagram @pertamina.banten

INFORADAR.ID - Provinsi Banten, yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, terkenal tidak hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena kuliner tradisionalnya yang lezat.

Makanan khas Banten mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisinya yang kaya dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Dari hidangan laut segar hingga hidangan tradisional yang kaya akan rempah-rempah, makanan khas Banten tidak hanya memikat hati, tetapi juga memanjakan lidah mereka yang menyantapnya.

Mari jelajahi beberapa kuliner Banten yang memukau berikut ini

1. Gecom

Ketika berbicara tentang masakan tradisional Banten, gecom adalah rasa yang tidak boleh dilewatkan! Gekom berarti ongkom berduri dan merupakan makanan khas Banten. Gecom memiliki ciri khas dari metode pembuatannya yang unik, yaitu menggunakan panci yang digunakan untuk mencampur bumbu dan bahan makanan.

2. Angeun Lada

Angeun Lada tidak kalah dengan makanan khas Banten lainnya. Angeun Lada sering disajikan sebagai hidangan pada perayaan-perayaan penting, festival dan acara-acara keluarga.

Angeun Lada merupakan gabungan dari kata 'angun' dan 'lada'. Angeun berarti sayur dan lada berarti pedas. Angeun rada terbuat dari babat sapi yang diolah dengan rempah-rempah. Angeun lada memiliki rasa yang berbeda yang berasal dari daun warang dan daun serangga.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Rumah Makan Pecak Bandeng Terenak di Banten

3. Sayur besan

Sayur besan adalah hidangan khas Banten dan awalnya dinamakan demikian karena disajikan saat prosesi pernikahan. Sayur besan terbuat dari empat bahan utama yaitu. Terubuk, kentang, pete dan bihun

4. Sate Bandeng

Anda mungkin sudah pernah makan ikan bandeng goreng atau bakar. Jika Anda tidak menyukai ikan bandeng karena durinya, cobalah sate bandeng khas Banten’

5. Laksa Tangerang

Laksa Tangerang di Banten sangat sederhana. Laksa ini berbeda dengan laksa betawi. Hidangan khas Banten ini adalah mie putih besar yang disiram dengan kuah sayuran. Kadang-kadang disajikan dengan bahan-bahan seperti kacang tanah, ayam parut dan daun bawang.

6. Gerem asem

Jika Anda menyukai makanan pedas, Anda harus mencoba makanan khas Banten yang satu ini. Bahan utama gerem asem adalah daging ayam atau bebek. Masyarakat Banten menambahkan bahan-bahan lain seperti sayuran dan makanan laut untuk menambah cita rasa.

7. Ketan Bintul

Masyarakat Banten menyantap ketan bintul sebagai hidangan berbuka puasa. Ketan bintul merupakan olahan beras ketan dan sangat cocok untuk menu berbuka puasa karena dapat mengisi perut yang kosong karena berpuasa.

8. Rabeg

Rabeg adalah makanan khas Banten yang bahan utamanya adalah daging dan jeroan kambing. Rabeg merupakan makanan berat dan biasanya disajikan dengan nasi hunga.

Makanan ini merupakan makanan khas Banten yang kaya akan cita rasa. Sekilas mirip dengan semur yang dicampur dengan tonen, namun kaya akan bumbu.

Nah, Itulah beberapa makanan khas banten yang wajib anda coba. Rasakan kelezatan cita rasa tradisional Banten dengan hidangan yang menggugah selera ini.(*)

BACA JUGA:Rekomendasi Sate Bandeng Terenak di Serang, Cocok Dijadikan Oleh-oleh Khas Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: