Menjelajahi Kue Tradisonal Khas Banten yang Banyak Diminati

Menjelajahi Kue Tradisonal Khas Banten yang Banyak Diminati

kue cucur khas banten--Instagram @bakingpemula

INFORADAR.ID - Kaya akan budaya dan tradisi, Banten juga tidak ketinggalan dalam hal kekayaan kuliner. Di balik keindahan alamnya, tersimpan rahasia kuliner yang menggugah selera.

Yang paling luar biasa adalah kue-kue khas Banten yang lezat dan unik. Kue-kue ini bukan hanya sekedar makanan penutup, tetapi merupakan bagian penting dari warisan budaya Banten yang harus dipelajari dan dinikmati.

Kue-kue Banten memiliki sejarah panjang yang berakar pada kehidupan sehari-hari masyarakat Banten. Dibuat dengan bahan-bahan alami dan tradisional, kue-kue ini mencerminkan kekayaan alam dan kearifan lokal masyarakat Banten.

1. Kue Cucur

Kue Cucur adalah kue asli Banten dan sering ditemukan di pasar tradisional sebagai camilan santai. Bentuknya menyerupai panekuk. Bagian tengahnya manis dan lembab serta pinggirannya renyah.

2. Kue apem

Ini adalah salah satu hidangan favorit Sultan Banten dan disajikan pada acara Kaol Sultan. Kue apem terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan bant yang telah difermentasi.

BACA JUGA:Nama Restoran Ini Sama dengan Keraton Jaman Kesultanan Banten, Cocok untuk Wisata Kuliner

Di Banten, kue apem biasanya disajikan dengan gula merah. Namun, bagi mereka yang tidak menyukai gula dapat menggunakan madu atau sirup sebagai pengganti gula merah.

3. Kue jojorong

Makanan khas Banten berikutnya adalah kueh jojorong. Kue jojorong berukuran kecil, lembut dan beraroma. Pasar tradisional di wilayah Banten penuh dengan toko-toko yang menjual kue jojorong. Kue jojorong terbuat dari tepung terigu yang dijemur, tepung beras dan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang.

4. Kue pasung

Hidangan khas Banten ini mirip dengan kueh jojorong dalam hal bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Bedanya, kueh pasung dibungkus dengan bentuk seperti corong, sedangkan kueh jojorong dibungkus dengan kotak.

Kueh pasung juga menggunakan dua jenis adonan: yang pertama adalah campuran tepung beras dan gula merah, dan yang kedua adalah campuran tepung sagu dan santan.

5. Kue Balok

Kue blaok yang terbuat dari singkong ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Kue balok tidak dimakan dengan parutan kelapa. Rasanya lebih enak jika dimakan dengan serundeng.

Jika Anda berkunjung ke Banten, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka kue yang lezat dan unik. Cicipi cita rasa tradisional Banten dan nikmati keindahan warisan budaya melalui kue-kue yang menggugah selera.(*)

BACA JUGA:7 Kuliner Paling Diminati Warga Serang Banten, Satu Diantaranya Favorit Keluarga Bangsawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: