5 Tips Budidaya Lele Menggunakan Media Galon

5 Tips Budidaya Lele Menggunakan Media Galon

Ahmad Asqolani sedang memberi pakan lele-Daru-

INFORADAR.ID - Menjadi seorang pengusaha budidaya lele ternyata kini tak selalu membutuhkan modal besar. budidaya lele menggunakan media galon bisa menjadi alternatif pilihan.

Buat kamu yang tak memiliki modal atau lahan, budidaya lele kini bisa menggunakan media galon yang cukup simpel dan bermodal minim.

Salah satu pemuda asal Kampung Legon, Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang Ahmad Asqolani melakukan budidaya lele menggunakan media galon.

Asqo yang juga bekerja sebagai Survisor SPI Bidang Teknik Perumda Tirta Al Bantani mengatakan, dirinya ingin memulai menjadi pengusaha dengan bididaya lele skala kecil sebelum budidaya skala besar.

"Jadi saya ingin belajar dulu, budidaya lele menggunakan galon itu ternyata bisa dan cukup mudah, biayanya juga lebih ringan," kata Asqo kepada INFORADAR.ID, Minggu 21 April 2024.

Dijelaskan Asqo, modal untuk budidaya lele menggunakan galon ini cukup terjangkau, membeli bibit ikan lele ukuran 9 cm Rp60 ribu sudah dapat 200 ekor.

Pakan untuk 3 bulan hanya Rp36 ribu, obat-obatan hanya Rp50 ribu, selebihnya memanfaatkan sebanyak 10 galon bekas pakai di rumah.

"Satu galonnya berisi 20 ekor bibit ikan lele," jelasnya .

Berikut 5 tips budidaya lele menggunakan media galon.

1. Memahami Karakter Ikan Lele

Ikan lele memiliki sifat kanibalisme, sehingga harus rutin melakukan sortir sesuai dengan ukuran pertumbuhan lele. 

2. Memperhatikan Kualitas Air

Rutin melakukan penggantian air ketika sudah tercium aroma tak sedap, penggantian air dilakukan minimal tiga hari sekali. Selain itu, air baru yang bersih dicampur probiotik untuk mencegah lele agar tidak stress.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: