Cara Buat Lapis Legit Terenak Sejagat Raya, Anti Gagal

Cara Buat Lapis Legit Terenak Sejagat Raya, Anti Gagal

Resep Kue Lapis Legit--pinterest.com

INFORADAR.ID - Kue lapis legit adalah salah satu kue tradisional yang paling populer di Indonesia dan digemari banyak orang. 

Kue lapis legit ini memiliki ciri khas berupa lapisannya yang tebal dan aroma rempah-rempah yang unik. 

Memang membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk membuat kue lapis legit, namun kamu pasti akan puas dengan hasilnya yang lezat.

Adonan kue lapis legit terdiri dari campuran telur, mentega, tepung terigu, dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan pala. Kue ini memiliki tekstur yang kaya, tebal dan rasa manis yang kuat.

Berikut adalah resep untuk membuat kue lapis legit:

Bahan-bahan:

- 24 butir kuning telur (sekitar 400 gram)

- 300 gram margarin (Blue Band)

- 200 gram butter (100 gram Wiskman, 100 gram Holman)

- 400 gram gula halus

- 1 sendok teh vanili atau pasta vanila

- 200 gram tepung terigu (Kunci Biru)

- 4 sachet susu kental manis  Frisian Flag)

- 8 butir putih telur (sekitar 240 gram)

- 20 gram susu bubuk ( Dancow)

BACA JUGA : Resep Ayam Rica-Rica, Menu Buka Puasa Bisa Bikin Nasi Gampang Abis

Cara Membuat:

1. Kocok mentega, gula, dan vanili hingga lembut dan mengembang selama sekitar 15 menit dengan kecepatan paling tinggi. Pastikan mentega dan margarin dalam keadaan dingin sebelum dimixer.

2. Masukkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga mengembang, sekitar 10 menit.

3. Turunkan kecepatan mixer, tambahkan susu kental manis, lalu aduk hingga rata. Kemudian, masukkan tepung terigu dan susu bubuk yang sudah diayak secara bertahap. Aduk balik menggunakan spatula.

4. Di wadah lain, kocok putih telur hingga membentuk puncak lembut atau kaku. Masukkan putih telur ke dalam adonan secara bertahap menggunakan spatula. Lakukan sistem aduk balik hingga adonan merata.

5. Panaskan oven pada suhu 180-200°C selama sekitar 15 menit.

6. Siapkan loyang berukuran 20x20x7 cm, olesi bagian bawahnya dengan margarin, dan lapisi dengan kertas minyak. Tuang adonan pertama (lapisan pertama sekitar 115 gram, lapisan selanjutnya sekitar 100 gram per lapisan) dan ratakan dengan sendok. Panggang dengan api atas dan bawah.

7. Setelah matang, keluarkan dari oven, tekan-tekan menggunakan penekan lapis, lalu lapisi lagi dengan adonan. Panggang dengan api atas saja. Lakukan hingga semua adonan habis. Setelah selesai, biarkan kue dalam loyang sampai benar-benar dingin sebelum dikeluarkan.

8. Jika menggunakan loyang berukuran 18x18x7 cm, cukup gunakan 1 resep. Jika menggunakan loyang berukuran 20x20x7 cm, gunakan 1 ¼ resep.

- Sesuaikan waktu memanggang dengan oven masing-masing. Semakin tinggi lapisannya, semakin cepat matang. Suhu oven bisa diturunkan sedikit demi sedikit, mulai dari 200°C hingga 180°C. Pastikan suhu tidak kurang dari 180°C agar kue tidak menjadi lembek atau tidak matang.

- Sebelum menggunakan penekan lapis, olesi dengan mentega tipis-tipis.

- Aduk adonan yang sudah ditimbang sebelum dimasukkan ke dalam mangkuk. Sebelum meratakan dalam loyang, ketuk loyang perlahan untuk menghilangkan gelembung udara di dalam adonan, lalu masukkan ke dalam oven.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat kue lapis legit yang lezat dan nikmat di rumah. Selamat mencoba!.(*)

BACA JUGA : Resep Tempe Orek Kering, Menu Bekal Mudik yang Tahan Lama hingga 3 Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: