Film Oppenheimer Buka Pendapatan di Jepang dengan Meraup Untung Besar

Film Oppenheimer Buka Pendapatan di Jepang dengan Meraup Untung Besar

Oppenheimer raup untung besar di [email protected]

INFORADAR.ID - Film epik sejarah Christopher Nolan, Oppenheimer, terus mendapatkan penonton baru lebih dari delapan bulan setelah perilisannya.

Film Oppenheimer ini meraup 2,5 juta dolar AS di 343 bioskop di Jepang, yang merupakan pasar akhir pekan terakhirnya. 

Film horor Strange House dan film animasi Haikyu! menduduki peringkat ketiga di peringkat box office Jepang di belakang dua film lainnya. 

Menurut Universal Pictures, Oppenheimer mengalahkan Aquaman and the Lost Kingdom ($1,6 juta) dan Dune: Chapter 2 ($1,3 juta) dan Dune: Chapter 2 ($1,3 juta), menjadikannya sebagai film Hollywood dengan pendapatan pembukaan akhir pekan terbesar di Jepang pada tahun 2024.

BACA JUGA:26 Tahun Berkarir, Akhirnya Christopher Nolan Raih Oscar Sebagai Sutradara Terbaik Untuk Film Oppenheimer

Dengan penjualan tiket ini, Oppenheimer memperoleh $965 juta di seluruh dunia: sebuah drama dengan rating R berdurasi tiga jam yang sebagian besar berlatar belakang laboratorium dan aula pemerintah AS.

Selain pendapatan box office, film berbujet US$100 juta ini memenangkan tujuh Academy Awards, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Bukan hal yang aneh jika sebuah film buatan Amerika dirilis di Jepang beberapa bulan lebih lambat daripada di Amerika Utara.

Namun, sebelum dirilis, film Oppenheimer menjadi bahan spekulasi apakah film ini akan ditayangkan di Jepang. Film tentang Robert Oppenheimer (diperankan oleh Cillian Murphy), fisikawan teoritis Amerika yang memelopori pengembangan bom atom, menimbulkan kontroversi di Jepang.

BACA JUGA:Oppenheimer Borong Nominasi di Academy Award 2024

Senjata pemusnah massal ini meledak di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, menewaskan ratusan ribu warga Jepang.

Toho Towa, distributor sebagian besar film Hollywood di Jepang, memutuskan untuk tidak bekerja sama dengan Oppenheimer. 

Diperkirakan bahwa film ini tidak akan pernah dirilis di Jepang hingga Desember lalu, ketika Bitters End membeli film ini "setelah berbulan-bulan berdialog dengan penuh pertimbangan tentang masalah ini". 

Bitters End sebelumnya menangani perilisan film pemenang Academy Award, Parasite, di Jepang dan saat ini menayangkan film yang masuk dalam nominasi Academy Award, Perfect Days.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: universal pictures