Strategi Alokasi Dana THR yang Bijak untuk Maksimalkan Manfaat

Strategi Alokasi Dana THR yang Bijak untuk Maksimalkan Manfaat

Ilustrasi alokasi dana THR--Freepik @studiogstock

INFORADAR.ID - Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan penghasilan tambahan yang dinanti-nanti oleh banyak orang setiap tahunnya. Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang sebagai penambah penghasilan yang sangat berharga.

THR tidak hanya menjadi simbol bahwa kerja keras selama setahun diakui oleh perusahaan, tapi juga menjadi kesempatan untuk menambah kekayaan finansial. Namun, sebelum merayakan atau menghabiskan dana THR secara sembarangan, ada baiknya Anda mulai dengan menginvestasikan dana tersebut secara bijak.

Alokasi dana THR yang tepat merupakan langkah awal yang penting untuk mencapai stabilitas dan kesinambungan ekonomi. Perencanaan yang matang dan pengelolaan dana THR yang bijak akan memastikan bahwa manfaat dari pemberian ini akan terasa di tahun-tahun mendatang.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengalokasikan dana THR

1. 10% untuk zakat dan sedekah

Sebagai seorang muslim, membayar zakat dan sedekah merupakan kewajiban yang tidak bisa diabaikan, sisihkan 10% dari dana THR Anda untuk membantu mereka yang membutuhkan. Dengan berzakat dan bersedekah, Anda tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga membersihkan harta Anda dari sifat tamak.

2. 20% dari biaya repatriasi

Jika Anda berencana untuk pulang kampung atau mengunjungi keluarga saat hari raya, sisihkan 20% dari THR Anda untuk biaya perjalanan. Ini termasuk transportasi, akomodasi, dan kebutuhan selama perjalanan. Menyisihkan dana khusus untuk perjalanan pulang kampung akan memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan dan mengurangi tekanan keuangan.

BACA JUGA:Hasil Riset Mengatakan Uang THR Masyarakat Mayoritas Habis Oleh Keperluan Ini

3. 30% untuk Kebutuhan rumah tangga atau biaya makan di hari raya

Sebagian besar THR sering kali digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama bulan Ramadan atau membeli makanan untuk lebaran. Sebaiknya, 30% dari dana THR dialokasikan untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan pakaian selama lebaran.

4. 20% untuk Cicilan atau utang 20%

Jika Anda memiliki cicilan atau utang yang harus dibayar, maka 20% dari dana THR sebaiknya digunakan untuk membayar atau melunasi sebagian cicilan tersebut. Melunasi cicilan atau utang dapat membantu mengurangi beban keuangan Anda dan memberikan kestabilan keuangan untuk masa depan.

5. 10% dalam bentuk tabungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: